Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dorama Gokushufudo : Dari Yakuza jadi Bapak Rumah Tangga

 

review ulasan dorama gokushufudo the way of househusband
Pic : globalgranary.life

Sudah lama aku tidak membahas tentang dorama nih, kali ini aku membahas sebuah dorama komedi yang sudah selese tayang bulan Desember 2020 lalu. Aku nonton dorama ini dari portal funsubs luar yang memiliki kualitas gambar yang bagus, gak ada iklan-iklan yang aneh dan subtitle bahasa Inggrisnya jelas. Kalau versi indonesianya juga ada sih tapi entah kenapa aku keganggu liat iklannya yang luar biasa banyak hehehe..

Cerita Gokushufudo ini berawal dari seorang Yakuza bernama Tatsu (Hiroshi Tamaki) yang telah hidup berumah tangga dengan Miku (Haruna Kawaguchi). Kehidupan rumah tangga mereka berdua telah berjalan selama 2 tahun. Namun Tatsu tidak hanya tinggal berdua dengan istrinya saja, ada Himawari (Tamaki Shiratori) anak sambung yang merupakan anak kandung istrinya yang telah duduk di Sekolah Dasar.

Kehidupan Tatsu yang awalnya merupakan Yakuza terkuat yang menjadi legenda dengan gelar Immortal Tatsu, tiba-tiba berubah drastis menjadi seorang Bapak rumah tangga yang selalu mengenakan apron imut saat mengurus secara full kebutuhan istri dan anaknya. Mulai dari membuat bekal makanan, membuat kue, bersih-bersih sampai urusan belanja. Memang kebetulan sekali sang istri benar-benar tak pandai masak dan kerjaannya cuman bisa berantakin dapur saja, jadi hanya Tatsu yang mengurus semuanya dan membiarkan sang istri untuk istirahat abis kerja seharian. Oww..so sweet ya :D

Kehidupan Tatsu yang bertolak belakang dengan profesinya dulu membuat keluarga Yakuzanya jadi miris. Mereka pun menyuruh Masa (Shison Jun) buat merayunya untuk balikan jadi pimpinan Yakuza yang ditakuti karena selalu menang hadapi lawan. Tanpa Tatsu keluarga Yakuza-nya bagai tak bergigi dan hilang harga diri, sampe2 ngejualin asetnya satu persatu demi menyambung hidup.

gokushufudo drama review ulasan
Pic : Blitzfansub.com


Alih-alih merayu Tatsu kembali jadi Yakuza, si Masa malah selalu terseret dalam kegiatan Tatsu setiap hari, seperti ikutan kursus membuat kue bersama grup emak2 yang diikuti Tatsu, terus juga bantuin bikin baju dan ikut tampil main drama di sekolah dasar. Lucunya si Masa yang selalu menyangkal kalau kegiatan Tatsu ini konyol malah jadi ikutan senang membantu Tatsu. Awalnya senyum2 senang, lalu ngomong.."Yang bener aja deh!", (dalam bahasa jepang ofc :D)

Meskipun Tatsu telah beralih profesi menjadi bapak rumah tangga, tapi ia tetap saja menghormati profesi masa lalunya salah satunya dengan tidak meninggalkan aksen Yakuzanya yang kental dan cara berpakaian yang selalu rapi. Tatsu dengan kekeuh bertahan menjadi bapak rumah tangga karena ia ingin melindungi keluarga kecilnya dan menurutnya setiap pekerjaan itu sama pentingnya. Apalagi pekerjaan mengerjakan rumah tangga bukanlah hal yang sepele, yang harus standby 24 jam untuk urusan di rumah saja. Jadi siapa bilang nih pekerjaan menjadi ibu rumah tangga itu mudah??

Stigma Negatif Yakuza

Tampaknya penulis asli komik ini Kousuke Oono, berusaha untuk menghilangkan stigma negatif Yakuza yang selalu menempel di lingkungan masyarakat Jepang. Bahwa Yakuza itu menyeramkan, kasar dalam berbicara, selalu bertindak semaunya seperti preman pasar tukang palakin orang, bandar narkoba, bandar senjata ilegal dan selalu ngajakin ribut. Bukan sekali dua kali saja cerita bertemakan latar keluarga Yakuza seperti dorama terkenal lainnya yaitu Gokusen, My Boss My Hero, Tiger & Dragon, Yamegoku dan dorama lainnya.

Penulis menghilangkan stigma negatif Yakuza dengan gaya komedi yang menghibur, meyakinkan bahwa seorang eks Yakuza bisa jalani hidup dan berbaur dengan masyarakat melalui komunitas yang diikuti macam Tatsu. Setiap cerita dalam dorama Gokushufudo ini selalu saja membuat penasaran dan mengajak penonton jadi berasumsi lebih dahulu, padahal kenyataannya di akhir cerita selalu saja berbeda.

Contohnya cerita cinta antara Tatsu dan Miku pun juga bikin aku penasaran mengapa bisa jadian dan rupanya berawal dari kesalahpahaman yang sangat membingungkan, naruhodo... 

Juga kisah cinta antara Masa dan cewek pelayan di kafe langganannya yang selalu konyol bikin saya ngakak terus. Sayangnya dorama ini hanya berjumlah 10 episod saja. Pengembangan  ceritanya terasa kurang menurut aku, membuatku jadi ingin bertanya-tanya terus bagaimana kelanjutan ceritanya. Apa ada season selanjutnya??

Manga dan Anime Gokushufudo

Gokushufudo manga dorama review
Komik / Manga Gokushufudo

Dorama Gokushufudo aslinya berasal dari sebuah manga karya Kousuke Oono, lalu diangkat ke layar dorama dengan penulis cerita Manabu Uda. Manga Gokushufudo ini pertama terbit tahun 2018 oleh Shinchosa publishing melalui web Kurage Bunch. Kemudian tahun 2020 lalu dalam bentuk komik terjemahan bahasa Indonesia pun dirilis melalui Elex Media. Manga ini sendiri masih ongoing di negeri asalnya dan kabarnya akan segera rilis animenya di saluran tv streaming Netflix, sugoi ne! Jadi pengen nonton juga deh versi animasinya :)

Gokushufudo : The Way of Househusband

Episode : 10

Cast : Hiroshi Tamaki, Haruna Kawaguchi, Jun Shison, Izumi Inamori, Megumi, dll

Eng. version : Blitzfansub.com



Posting Komentar untuk "Dorama Gokushufudo : Dari Yakuza jadi Bapak Rumah Tangga"