$results={3}

3 Manhwa Romantis Bertema Kerajaan Joseon

 

3 manhwa romantis tema kerajaan joseon

Akhir-akhir ini sering banget aku liat drama korea berlatar joseon yang ceritanya diangkat dari manhwa kerajaan Korea. Cerita yang diangkat ini memang agak tak biasa alias unik. Keunikannya ini seperti si pemeran utama itu ternyata berasal dari dunia modern lalu berpindah ke dunia masa lampau, atau sebaliknya dari dunia lampau ke dunia yang lebih modern yang istilah kerennya isekai (pindah dunia dimensi).

Namun ada pula tema manhwa joseon yang tidak ada kaitannya dengan dunia isekai. Seperti tema kehidupan sehari-hari yang bersinggungan dengan orang dalam kerajaan namun diceritakan dengan frasa yang indah dan ilustrasi yang cantik pula. Seperti 3 manhwa webtoon kerajaan korea yang akan aku bahas kali ini, dan mungkin aja kamu jadi tertarik buat bacanya di aplikasi webtoon

Rekomendasi 3 Webtoon tema Kerajaan Joseon yang ceritanya oke banget

That Which Flows By

Webtoon that which flows by kerajaan joseon

Berlatar tema historis peperangan yang terjadi di era Joseon, menceritakan tentang seorang gadis, pengelola kedai teh Shim di Chiwon  bernama Daniolla. Daerah Chiwon tempat Daniolla tinggal merupakan daerah perbatasan tempat di mana Hantu Utara tinggal. Hantu Utara adalah julukan bagi pelindung perbatasan utara Joseon. Julukan yang sebenarnya ditujukan untuk Jenderal Seo Gyeol.

Menurut rumornya Jenderal Seo Gyeol adalah orang berdarah dingin yang akan membunuh siapa saja yang melewati perbatasan secara ilegal tanpa pandang bulu. Suatu hari tempat kedai teh milik Daniolla terbakar dan ia ditolong oleh Seo Gyeol dan akan membawanya ke Hanyang untuk dijadikan dadong, dengan alasan karena Daniolla adalah seorang pembuat teh, perempuan itu pun merubah namanya menjadi Dani agar orang tidak mengira di adalah penyusup di luar Joseon.

Saat di perjalanan Seo Gyeol jatuh pingsan karena tidak minum air sama sekali, Dani pun menolongnya dengan memberikan air putih melalui bibirnya. Padahal Seo Gyeol sama sekali tidak bisa minum air putih. Ia hanya bisa minum air teh pekat yang dibuat oleh seorang dadong di depan matanya. Dani pun ditempatkan di rumah Seo Gyeol dengan alasan keamanan karena Dani bukan berasal dari Hanyang.

Seiring waktu Dani yang awalnya takut dengan Seo Gyeol karena dijadikan Dabi (pembuat teh) lama kelamaan jadi lebih peduli sama tuannya itu. Seo Gyeol yang digambarkan sebagai tentara yang bengis, ternyata aslinya tidaklah demikian. Seo Gyeol rupanya merupakan keturunan anggota kerajaan yang keluarganya telah dibunuh karena fitnah yang kejam di masa lalunya. Tinggal ia satu-satunya keluarga yang tersisa untuk mengabdi pada kerajaan.

Ketulusan hati Dani dalam melayani Seo Gyeol rupanya memberikan ruang khusus untuknya, mengenali Dani lebih dalam lagi. Namun tak hanya Seo Gyeol saja, tuan muda Seongjo, yang juga temannya Seo Gyeol pun terpikat oleh ketulusan hati Dani hingga Seongjo berpikir untuk merebut hati Dani dari Seo Gyeol. 

Hmm..nampaknya aroma cinta segitiga terlihat jelas di cerita manhwa kerajaan Joseon ini. Tertarik banget deh kalau cerita webtoon ini diadaptasi dalam sebuah drakor. Yang mana pembaca jadi membayangkan, siapakah pemeran dari Seo Gyeol, pemilik tubuh kekar yang hatinya lembut dan berkarakter tsundere ini? Jadi kepo ya kan :) 

Judul lain : Darby, the Dizzying Flow

Author : Eunbi Lee

40 episode ( sepertinya lanjut season 2 )


Secret Outing

Webtoon secret outing tema joseon karya hazlo bongsun

Cerita berlatar manhwa kerajaan Joseon selanjutnya. Bercerita seorang gadis desa bernama Taein yang ahli dalam dunia tabib dan herbal. Meski Taein berasal dari desa, ia tidak terlihat seperti gadis desa, karena gaya dan pemikirannya layaknya orang yang berpendidikan serta bijaksana. 

Suatu ketika ada pemuda yang menyamar sebagai orang biasa yang tersesat dan minta izin menumpang pada orang tua yang ia tolong. Pemuda itu bernama Han Kihyun alias Unam yang merupakan seorang Yangban*, yaitu bangsawan yang sangat berpendidikan dan pandai membuat puisi. Puisi yang ia buat sering dibukukan, sehingga orang-orang pada mengenali karyanya. 

Kihyun sendiri memiliki alasan tersendiri mengapa ia bisa melarikan diri ke desa tersebut tanpa memberitahu siapa-siapa tentang jati dirinya. Masa lalunya yang kelam membuat ia harus menghilang dari keluarganya di kota Hanyang. Namun siapa sangka takdir yang mempertemukan Han Kihyun dan Taein membuat dua manusia ini berjodoh walau awalnya terdapat banyak pertentangan.

Takdir tersebut juga membuka rahasia bahwa Taein ternyata merupakan putri anggota kerajaan yang selama ini tidak diketahui. Namun perjalanan sehingga Taein diakui sebagai putri raja tidaklah mudah karena ia merupakan ancaman bagi keberadaan putra mahkota. Dilihat ceritanya seperti cocok banget deh dijadikan drakor romantis bertema Joseon yang lagi digemari saat ini.

Judul lain : Wheat Fortune

밀행

Author : Hazlo, H.C, Bongsun

62 episode (tamat)


Lady Virtue’s Contract Married

Webtoon lady virtue contract marriage tema joseon isekai

Kalau 2 cerita manhwa kerajaan Joseon ini tidak ada hubungannya dengan Isekai. Cerita di sini hubungan isekai-nya adalah perpindahan dari masa lampau ke masa modern. Cerita ini perjalanan waktunya hampir seperti cerita manhua My Boyfriend is a Jinyiwey yang juga datang dari masa lampau. Tokoh utama dalam manhwa korea ini adalah seorang wanita bernama Park Yeon-woo, seorang anak menteri yang dinikahkan dengan bangsawan bernama Kang Taeha yang memiliki penyakit jantung.

Belum sehari menikah, lelaki yang resmi menjadi suaminya tiba-tiba saja batuk berdarah dan wafat. Lalu esok harinya ibu si lelaki tersebut menuduh Yeon-woo kalau dia membunuh anak laki-lakinya itu. Suatu hari masih dalam keadaan berduka, Yeon-woo diculik dan diceburkan ke dalam sumur. Yeon-woo meminta tolong dan akhirnya ditolong sama laki-laki yang mirip dengan suaminya.

“Suamiku, ada apa dengan pakaianmu? Rambutmu kenapa jadi pendek?” Beragam pertanyaan muncul karena Yeon-woo merasa aneh dengan keadaan di sekelilingnya. Dia tak sadar sudah masuk ke dunia modern yang tidak ia kira sebelumnya. Laki-laki yang ia kira itu suaminya nyatanya bernama Kang Taeha juga dan uniknya malah Yeon-woo diminta pura-pura nikah dengannya agar si kakek mau operasi.

Selain harus beradaptasi sama lingkungan barunya, Yeon-woo pun harus berusaha memahami apa yang terjadi dengannya. Mengapa ia harus terlempar ke dunia moderen, dan mengapa ia harus bertemu dengan orang-orang yang sama di masa lalunya dengan masalah yang hampir sama. Lambat laun teka-teki pun terjawab, tapi Yeon-woo yang udah cinta banget sama Kang Taeha versi modern harus kembali ke masa lampau untuk membereskan masalahnya.

Cerita yang ada di webtoon aslinya ini pun akhirnya diadaptasi juga dalam bentuk drakor, dengan cerita yang hampir sama persis yang berjudul The Story of Parks Marriage Contract. Tapi memang ada cerita dan peran yang ditambahin dalam drakor nya agar tidak sama persis dan lebih hidup jalan ceritanya.

Hmm..sepertinya semakin banyak ya cerita dalam webtoon ini yang akhirnya dibuat drakor. Senang sih sebenernya tapi di Webtoon nya malah dibuat berbayar dengan daily pass untuk membuka ceritanya, alias gak bisa langsung baca maraton gratis gituh, huhu :’(

Judul lain : The Story of Parks Contract Marriage

Author : Angelique, Datda

114 episode (tamat)


Posting Komentar