Blog Plan Yaniehobi Ke Depannya Agar Tetap Eksis

Blog plan yanie hobi agar tetap eksis ke depannya

Halo, 

Meneruskan tugas kelas gratis BRT Network selanjutnya, kali ini aku dan grup harus memiliki blog plan untuk blog masing-masing agar ke depannya rencana menulis jadi tersusun dan dan terjadwal. 

Manfaat blog plan ini membuat rencana ngeblog aku jadi lebih terarah. Yang biasanya aku hanya sempat ngeblog sebulan sekali, tapi dengan adanya blog plan rencana menulis sebulan minimal 4 kali mudah-mudahan bisa terwujud, aamiin 

Blog Yaniehobi yang aku kelola ini memiliki niche khusus yaitu tentang hobi dan favorit. Isinya tentang hobi aku tentang craft yang berisi kerajinan tangan seperti cara membuat bros, cara membuat pompom dari tisu dan lainnya. Selain craft, aku juga menyukai seni membuat figurin dari clay. Kalau sudah buat clay aku suka lupa waktu. Nah aku pengen lagi nih bercerita kembali di blogku ini tengang kegiatan membuat clay ini.

Selain membahas hobi, akupun juga suka membahas artikel tentang kegiatan favoritku yaitu menonton dorama dan membahas komik. Karena drakor sudah terlalu mainstream jadinya aku lebih ke membahas dorama saja hehehe. Harapanku ini bisa menulis tentang kegiatan favoritku sesering mungkin, agar blog ini jadi lebih hidup.

Rincian Blog Plan Yaniehobi

1. Blog Plan Tahunan

Belajar dari materi yang telah disampaikan oleh mba Marita Ningtyas, bahwa setiap blogger sebaiknya memiliki blog planning baik tahunan, bulanan, mingguan dan harian. Blog plan ini suatu saat akan berguna bila telah berjalan dengan baik dan pastinya membuahkan hasil. Oke berangkat dari itu akhirnya aku menbuat blog plan yang dimulai dari blog tahunan dahulu. 

Karena namanya blog tahunan, pastinya rencana blog ini berjalan dalam rentang waktu 12 bulan. Nah selama 12 bulan itu aku memiliki blog plan yang khusus untuk blog yanie hobi ini juga blog lainnya secara umum. Dari rincian blog plan tahunan aku yang poinnya ada 6, aku persingkat jadi 3 saja.

- Mulai Monetize Blog

Mulai tahun 2022 tahun depan, aku mulai memberanikan diri untuk mulai monetize blog yaniehobi.web.id ini dengan banyak cara seperti mendaftarkan blog ke marketplace blogger Rajabacklink, mengisi form sponsored post yang diinformasikan di komunitas blogger dan membuka kerjasama content placement melalui email. Untuk monetize secara adsense aku masih berpikir dua kali mengingat pengunjung organik blog aku belum mencapai 500 view perhari. 

- Menaikkan DA & DR Blog

Senada dengan monetize blog, indikator DA & DR yang baik merupakan penentu bahwa blog yang dimiliki itu sudah pantas mendapatkan job review atau sponsored post atau tidak. Jujur saja, blog yaniehobi ini adalah blog aku yang kedua, blog pertama aku adalah iidyanie.com. Aku ingin sekali blog yaniehobi ini bisa menyusul jejak blog pertamaku itu. Well, mudah-mudahan saja dengan rajin menulis di blog, maka blog yaniehobi ini bisa naik kelas ya, aamiin.

- Mengkerucutkan niche blog

Nah, agar blog yaniehobi memiliki pembaca yang loyal, maka mengkerucutkan niche itu penting buatku. Belajar dari blog pertamaku, walaupun postnya sudah banyak tidak menjamin pengunjungnya itu berasal dari orang yang sama. Trafik blog yang bagus adalah dengan bisa mendatangkan pengunjung baru yang seimbang jumlahnya dengan pengunjung setia. Bounce rate pun juga pastinya akan lebih baik jika pengunjung blognya stabil.

Rincian blog plan yaniehobi agar lebih fokus dan terarah tahunan dan bulanan
Rincian blog plan yaniehobi


2. Blog Plan Bulanan

- Menulis artikel organik min. 4 kali sebulan

Rencana ngeblog aku secara bulanan, aku mulai dengan menulis artikel organik minimal 4 kali sebulan. Semoga rencana ini dapat berjalan lancar yah.

- Memperbaiki artikel lama dengan parameter SEO

Memperbaiki artikel lama dengan parameter SEO ini sangat penting , agar artikel lama terindeks kembali dan menyumbang view organik bagi blog

- Blogwalking seminggu 3 kali

Blogwalking itu perlu banget, agar bisa menambah view secara instan dari teman sesama blogger dan  menambah pertemanan tentunya. Oiya melalui BW Domain Authority (DA) kita bisa naik perlahan lho.

3. Blog Plan Mingguan dan Harian

- Menulis artikel dengan parameter SEO yang benar

Karena telah mendapat materi penting ini minggu lalu, maka parameter SEO on page ini jangan sampai dilupakan ya, dengan menjalankan parameter SEO dengan baik, bisa jadi artikel kita mendapat tempat yang baik di mata Google.

- Optimasi artikel melalui sosmed

Share artikel di sosial media, memberikan sinyal sosial blog di mata Google bahwa blog ada pembaca di sekelilingnya selain pembaca organik. Kegiatan ini memang harus menjadi agenda blog plan harian dan mingguan. Mana artikel yang sekiranya belum dioptimasi dengan baik dapat ditingkatkan viewnya melalui share sosmed ini.

- Evaluasi artikel

Nah, ini nih yang harus menjadi perhatian utamaku, evaluasi artikel yang sudah tayang. Apakah sudah sesuai target pembaca atau pengunjung apa belum. Jikalau belum sesuai target, maka harus evaluasi ulang sekiranya artikel kita ini masih berasa kurang. Lalukan cek list, mulai dari parameter SEO, indexing, share sosmed dan hasilnya di Google Analytics dan juga Google Search Consol, apa sudah terlihat atau belum.

Blog Plan Teman Segrup Kelas BRT

1. Blog Plan mba Devi

Lihat Blog plan mba Devi Indriasari si pemilik blog , detil dan goalnya kece nih, buat tingkatkan DA menjadi 40 bukan hal yang mudah, tapi kalau dijalani berbarengan dengan personal branding yang kuat keingan mba Devi bisa jadi nyata.

2. Blog Plan mba Novia

Blog plannya mba Novia lengkap dan jelas, target DA dan trafik saya rasa bisa tercapai karena rajin update artikel. Mengikuti tantangan di blog seperti odop sangat pas agar trafik diblognya semakin bagus dan bangun personal branding juga :)

3. Blog Plan mba Qoty

Dilihat dari blog plannya mba Qoty intan saya salut banget, bangun 2 blog itu gak mudah. Mba Qoty bisa membuktikannya dengan mendapatkan income di 2 blognya dan rajin pula ikut lomba blog, keren deh.

4. Blog Plan mba Sylvianay

Blog plan daily-nya mba silvia detil dan jelas, seperti menulis artikel dan edit gambar di artikel. Melakukan optimasi SEO memang merupakan prioritas utama dalam ngeblog, dgn rutin nulis artikel dan ikut lomba blog saya yakin mba devi bisa jadi blogger yang profesional

5. Blog Plan mba Wiwid

Terakhir, lihat dari blog plannya punya mba wiwid nurwidayati ini seperti mba Qoty sebelumnya, salut sama semangat ngeblognya,  karena bisa merawat lebih dari 1 blog, blog plannya lebih detil dan terencana. Gak heran saya mba wiwid sekarang udah jadi blogger yg profesional.

Kesimpulan

Ternyata menggunakan blog plan ini secara detil, terencana  dan terjadwal itu sangat sangat membantu blog kita menjadi cepat mendapatkan peringkat yang bagus di mata Google. Tentu saja dengan tetap menerapkan prinsip parameter SEO seperti yang telah diajarkan oleh para coach. 

Mungkin setiap blogger memiliki impian dan tujuan yang berbeda akan blognya ya kan, akan tetapi ujungnya tetap sama adalah agar blog memiliki pembaca yang setia dan trafik yang baik maka dengan begitu personal branding akan blog kita akan lebih mudah tercapai. Semangat ngeblog!


Yanie aja

Blog tentang Hobi dan Favoritku. Hobi tentang canva, clay, craft, drama, webtoon dan lain-lainnya. Kerjasama Content Placement/ Sponsor Post : blogiidyanie@gmail.com

7 Komentar

  1. bikin blog plan emang bener-bener perlu ya mbak, biar gak bingung mau posting apa, harus direncanakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, biasanya hanya nulis singkat aja di jurnal, sekarang harus detil mau plan apa di blognya :)

      Hapus
  2. Saya juga puny ablog plan untuk tahun depan mbak, ini terkiat dengan pengembangan konten dan BW. kalau sekarang rutin BW-an 5 blog per hari. Konten juga mau ditingkatkan. Bisa dibilang blog saya mengalami penurunan trafik yang signifikan, dari awalnya 1500 visitor perhari menjadi 250 visitor per hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jauh juga turunnya ya, tapi pv blognya masih lebih bagus daripada punyaku koq hehehe

      Hapus
  3. Keren planningnya mbak
    Luar biasa mbak, aku aja belum bikin resolusi kayak gini

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama