Ken Dedes Webtoon Isekai Review

Hola gaes!

Aku kembali membahas webtoon nih, setelah bulan lalu aku ceritain tentang webtoonnya Our Beloved Summer yang bercerita kisah masa remajanya Choi Woong dan Kook Yeon-Soo di bangku SMA yang unyu banget sekaligus menceritakan sedikit tentang drakornya yang dimainkan oleh Choi Woo-Shik. 

Nah, sekarang tuh aku mau ngebahas webtoon asal Indonesia nih. Kalian para penggemar Webtoon tentunya tau dong ada banyak kisah webtoon Indonesia yang terkenal sampai ke luar negeri seperti Pasutri Gaje oleh Annisa Nisfihani, Joyful Delight oleh Chairunnisa, Jajan Squad oleh Dito Satrio, Kosan 95 oleh Didi Walker, sampai Sri Asih hasil kolaborasi Archie the RedCat dan Devita Krisanti.

Komik yang aku bahas ini adalah tentang Ken Dedes, alias Dedes. Yap, ceritanya ini adalah berdasarkan kisah dalam sejarah tentang legenda cinta Ken Dedes dan Ken Arok. Nah loh, ada yang sudah lupa sama kisahnya Ken Arok & Ken Dedes ini ga? wah jangan-jangan kalian tidur ya pas jam pelajaran sejarah makanya lupa wkwkwk.

Alkisah Perjalanan Cinta Ken Arok & Ken Dedes versi Webtoon

Webtoon indonesia Dedes karya Egestigi
Webtoon Dedes by Egestigi

Ken Arok sendiri adalah awalnya adalah prajurit istana kerajaan Tumapel di waktu tersebut. Akuwu* Tunggul Ametung menculik Dedes yang seorang Brahmani untuk dijadikan seorang istri dan ibu bagi calon pewaris pakuwon Tumapel*. Pernikahan Tunggul Ametung dan Dedes yang tidak didasari rasa cinta membuat Dedes menderita. Sehingga ia terus berharap seseorang hadir untuk membebaskannya dari derita.

*) Akuwu = jabatan kepala daerah

*) Pakuwon Tumapel = istana Tumapel

Suatu saat Dedes bertemu dengan Arok, mereka pun jatuh cinta. Arok tak tahan melihat penderitaan Dedes. Bermodal akal dan keris sakti buatan Empu Gandring, Arok pun herhasil membunuh Tunggul Ametung. 

Arok pun diangkat menjadi Akuwu Tumapel dan akhirnya mereka menikah, sehingga mereka mendapat gelar kehormatan "Ken" pada awal namanya, dari Arok & Dedes menjadi Ken Arok & Ken Dedes. Ken Arok pun mendapatkan tahtanya sebagai raja dari Tumapel, cikal bakal kerajaan Singhasari.

Ken Arok dan Ken Dedes menikah di saat Ken Dedes sedang mengandung anak dari Tunggul Ametung yang kemudian lahir bernama Anusapati. Namun seiring waktu karma datang pada Ken Arok, keris yang dipakainya untuk membunuh Tunggul Ametung berbalik kepada dirinya melalui Anusapati. Ken Dedes pun terpuruk dalam kesedihan karena Ken Arok belahan jiwanya pergi,hiks2 :'(

Nah, di sinilah imajinasi dari komik ini pun berkelana, tema isekai disematkan dalam komik webtoon bertemakan sejarah ini. Alkisah ada kisah mahasiswi jurusan animasi bernama Mita merasa ada yang kurang dalam cerita Ken Arok & Ken Dedes, ia berharap bisa masuk ke dalam cerita tersebut dan mengetahui hal janggal lainnya seperti mengapa Anusapati membunuh ayah tirinya, sedangkan ia anak yang berbakti kepada ibundanya.

ken dedes tokoh utama webtoon dedes
Pic : @estisiwi IG


Mita yang akhirnya berteleportasi ke dalam tubuh Ken Dedes, ingin mencegah peristiwa tersebut dari awal agar pembunuhan tidak terjadi. Ia pun berusaha untuk kabur di saat malam penculikan yang dilakukan Tunggul Ametung terhadap Ken Dedes. 

Namun, bisakah kejadian itu dicegah oleh Mita? Akhirnya Mita jatuh cinta sama Tunggul Ametung atau beneran Ken Arok gak sih?? Well, kamu cari tau sendiri ya dengan baca Webtoonnya ;)

Webtoon Indonesia bertema Isekai

Gaes, harap dicatet yaa.. 

Walaupun ceritanya terinspirasi dari kisah sejarah. Tapi komiknya sendiri cuma fiksi koq, tenang aja gak ada cerita yang mengaburkan sejarah hehehe. 

Webtoon berjudul Dedes karya komikus asal Indonesia yang bernama Egestigi ini terbilang cukup unik kalau aku bilang sih. Karena masih sangat jarang cerita sejarah masa lampau yang dijadikan komik atau Webtoon ini. 

Padahal kan ya ada banyak sejarah lampau yang melegenda di Indonesia yang asik juga dibuat Webtoonnya seperti Sangkuriang, Roro Jonggrang, Legenda Ikan Mas Danau Toba, Legenda Putri Hijau, Jaka Tarub dan 7 bidadari, dan legenda lainnya.

Cerita webtoon tema Isekai dengan tokoh utama yang melakukan time traveling atau teleportasi memang cerita yang asik ya kalau ingin membaurkan cerita masa lampau, setting dan alur ceritanya yang penuh konflik. 

Kita pun juga disuguhkan mengenai cerita budayanya sekaligus mengenal silsilah kerajaannya lah, istilah-istilah yang ada di dalamnya, pakaian dan tutur katanya seperti dalam webtoon Dedes ini.

Oiya webtoon Dedes sampai sekarang sudah sampai episode ke 8 lho gaes, yuk kita apresiasi dengan cara mendukung dan baca ceritanya agar komikus Indonesia seperti Egestigi ini dikenal sampai ke luar negeri, jadinya mereka semakin semangat dalam menyuguhkan cerita-cerita yang baru deh :)

----- & -----

DEDES

Penulis komik : Egestigi

Artist : Egestigi

Genre komik : Isekai, romantis, kerajaan

Status komik : Ongoing

Tahun rilis : 2022



Yanie aja

Blog tentang Hobi dan Favoritku. Hobi tentang canva, clay, craft, drama, webtoon dan lain-lainnya. Kerjasama Content Placement/ Sponsor Post : blogiidyanie@gmail.com

2 Komentar

  1. Kaget juga pas tau Webtoon kok bisa bikin cerita tentang sejarah Ken Dedes gini.

    Genre sejarah dibikin versi Webtoon bikin kita nonton jadi lebih ringan ya kak

    BalasHapus
  2. Iya kak keren ya, pembaca indo setidaknya jadi inget lagi tentang cerita ken dedes ini :)

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama