$results={3}

Review Film The Legend & Butterfly

Pic : asianwiki.com

Film The Legend & Butterfly ini dibintangi oleh aktor yang sudah tidak diragukan lagi aktingnya, yaitu Takuya Kimura, Haruka Ayase, Hideaki Ito dan Manabu Hamada. Film berlatar belakang sejarah ini dirilis tanggal 27Januari 2023 lalu. Kemudian juga ditayangkan di aplikasi OTT streaming film dan drama Prime Video.

Setelah sekian lama aku gak nonton film Jepang apalagi bertema seperti ini. Biasanya aku lebih suka nonton drama Jepang atau dorama yang bertema ringan gitu. Liat posternya memang gak ada ekspektasi apa-apa, karena temanya itu kayaknya berat banget hihi. Tapi aku jadi penasaran karena 2 orang kece ini, yaitu Takuya Kimura (Kimutaku) sama mba Haruka yang memang keduanya pernah main bareng di dorama ngetop seperti Mr. Brain. 

Ketika dua aktor dan aktris yang ngetop trus disandingkan di sebuah film yang levelnya history kayak gini, pasti hasilnya pun akan bagus dong. Aku juga ikut terhipnotis jadi pengen nonton karena mereka rupanya disandingkan jadi suami istri, oww..oww. Jadi kebayang deh kan sama kharisma si personel boyband gaek SMAP ini, yang memang ahli dalam film romantis, eh tapi di film ini dia romantis gak ya??

Review singkat The Legend and Butterfly

Pernikahan 

Oda Nobunaga yang diperankan oleh Kimutaku ini ceritanya sedang dicarikan istri sah oleh sang Ayah. Rupanya rencana Ayahnya, Oda Nobuhide menikahkan dengan anaknya si Dosan Saito, yaitu Lady Nohime (Haruka Ayase) yang tujuannya tak lain dan tak bukan adalah karena pernikahan politik. Masing-masing pihak berencana untuk membagi daerah wilayah kekuasaan masing-masing setelah kedua anaknya bersatu kemudian. 

Namun ternyata masing-masing pihak punya rencana sendiri. Di pihak Oda ingin mencaplok daerah kekuasaan Nohime, begitu juga dengan Nohime dan keluarganya. Awalnya Nohime benci banget sama Oda, karena Oda ini tipikal laki-laki yang gak menghargai cewek. Apalagi Nohime ini tipe cewek yang gak bisa diperintah buat melayani Oda Nobunaga, dengan arti kata, Lu perang sama gua dulu yuk baru gua mau nurut, hehe.. 

Nohime lady dan Oda nobunaga bertarung
Pic : J-storm.co.jp

Ya, namanya zaman dulu itu perempuan itu adalah kaum lemah, selalu di bawah ketek laki-laki. Dan model patriarkinya memang kuat banget ya kan. Oda Nobunaga yang punya julukan "the Fool of Owari" karena tindakannya yang selalu nyeleneh sejak dulu, terus menguji Nohime dengan sikap bodohnya itu. Ia pun merasa kalau Nohime ini adalah perempuan yang berbeda dibanding selir nya. Ya iyalah, namanya istri sah gitu loh, lebih pintar dan berkarakter ya kan :D

Namun rencana dari pihak Nohime ternyata tidak berjalan dengan mulus, ayah dan keluarga besarnya dibantai sama musuh dari wilayah lainnya. Jadi otomatis daerah kekuasaan keluarga Nohime ini diambil musuh dong. Oda Nobunaga pun akhirnya berencana untuk berperang dengan tujuannya untuk merebut kembali wilayahnya Nohime. Namun kenyataannya ia kekurangan pasukan.

Nohime pun menyambut rencana tersebut dengan baik. Awalnya dia ingin mencaplok wilayah Oda lalu jadi berubah perasaannya karena suaminya mau menolong mengangkat derajat keluarga Nohime kembali. Walau Nohime tidak ikut berperang, namun dialah otak dari strategi perang yang sangat detil dibuat untuk digencarkan oleh Oda Nobunaga bersama pasukan Owari, pasukannya. Lalu secara bertahap wilayah kekuasaan Nohime pun kembali dan pasukan mereka bertambah banyak.

Perpisahan 

Lalu, entah sejak kapan rasa cinta Nohime jadi tumbuh. Walau Oda masih dengan sikap kakunya memperlakukan Nohime. Sampai puncaknya beberapa tahun kemudian Nohime hamil dan anak yang dikandung Nohime tidak bisa diselamatkan. Tapi Oda sama tak menunjukkan sikap peduli dengan istrinya. Di situlah Nohime merasa kecewa teramat sangat karena merasa diabaikan.

Siapa sangka, secara perlahan sikap Oda yang semakin sibuk membuat Nohime merasa Oda tak membutuhkannya lagi. Karena ia merasa Oda masih sibuk berambisi untuk merebut wilayah lainnya dengan tujuan menyatukan seluruh wilayah di seluruh Jepang. Nohime pun mundur teratur menjadi istri Oda dan meminta untuk bercerai. 

Setelah perceraian tersebut, walau tidak disadari olehnya, Oda merasa ada yang hilang dari dalam dirinya. Tapi ia gengsi untuk mengakuinya. Sejak perpisahan tersebut, Oda semakin abai dengan pasukannya dan tidak bisa mengontrol emosinya. Pada puncaknya hal ini akhirnya membuat anak buahnya membelot karena sakit hati atas perbuatannya. 

Chemistry yang Kuat Pada Dua Tokoh Utama

Legend and butterfly oda nobunaga dan nohime
Pic : nantejapan.com

Memang hubungan chemistry Kimutaku dan Haruka tuh dalam banget. Akting para aktor senior ini ciamik banget. Bagaimana sosok Nohime yang awalnya keras kepala, perlahan jadi lembut karena act of service Oda Nobunaga yang sebenernya kaku sama perempuan. Kemudian saat perpisahan lagi-lagi Oda gak bisa berkata apa-apa, tapi sikapnya menunjukkan kalo dia gak ingin melepaskan Nohime. 

Apalagi saat Nohime sakit, Oda dengan menggebu mengajaknya untuk melihat wilayah kekuasaannya dari atas istana yang  materialnya dari bahan emas yang ia siapkan untuk Nohime..aww romantis syekali walau tanpa banyak kata. Mungkin dari sikap Oda Nobunaga yang seperti itu, akhirnya Nohime memakluminya. Yah walaupun keduanya sudah berpisah secara status tapi tetap saja hubungan mereka sudah di level yang lebih tinggi. 

Hmm, karena film ini lebih ke adegan serius alias gak ada komedinya, menurut aku film ini cocok buat kamu yang menyukai film aksi tapi diselipi adegan romantis yang kaku khas negeri Jepang gitu. Sekaligus mengetahui lebih banyak tentang latar sejarah Jepang di era Sengoku ini (Sengoku Jidai).

The Legend & Butterfly ( Movie )

Cast : Takuya Kimura, Haruka Ayase, Hideki Ito, Miki Nakatani, Hio Miyazawa, Somegoro Ichikawa VIII, Jun Hashimoto dan Manabu Hamada.

Sutradara : Keishi Ohtomo

Tanggal rilis : 27 Januari 2023

Tayang di : Amazone Prime Video

8 komentar

  1. udah lama ga nonton film Jepang, penasaran sama jalan cerita yang ini :D

    BalasHapus
  2. Di tengah gempuran film Korea, kayaknya film The legend and butterfly ini cocok jadi pilihan nonton film romantics. Spill donk mbak ending ya mereka jadi rujukan nggak haha.

    BalasHapus
  3. Romantisnya film/drama Jepang memang agak kaku ya, apalagi kalau nonton film bertema suami istri, kayaknya kaku banget tapi aku suka jalan ceritanya, beberapa film Jepang bagus lho jalan ceritanya, bikin betah nontonnya. Noted ah ntar kalo ada waktu mau nonton juga.

    BalasHapus
  4. Wah rekom film yang patut ditonton mbak .... sudha lama gak nonton film jepang ... apalagi tentang masa lalu selalu bikin penasaran

    BalasHapus
  5. Wah tema-tema kerajaan beini yang kusuka. ada gak ya di netflix? mau cari dulu soalnya penasaran liat endingnya apakah mereka rujuk atau....

    BalasHapus
  6. Ini ceritanya si "saru" panggilannya oda nobu di novel taiko. Oda nobu ini banyak banget yang bikin filmnya ya. Wahh, udah lama nggak nonton mas Kimutaku. Anyway, aktingnya pas meranin oda nobu keren nggak kak? Soalnya jarang nonton film kimutaku yang genrenya samurai. 🫣

    BalasHapus
  7. Iiih, kesel banget gua kalau ada laki-laki kaya Oda gini. Fix sih gak tahu diuntung cuy. Sayangnya, kebanyakan laki-laki sekarang itu ya kaya Oda gini. Gengsi untuk mengakui dirinya memang tidak mampu melakukan banyak hal.

    BalasHapus