$results={3}

The Ghost Station : Kisah Stasiun Kereta yang Mencekam, Horor Banget!

Film horor khas Asia itu pasti bikin gregetan ya. Gregetan bukan karena kesel, tapi saking serunya walaupun nonton sambil ditutupin bantal tetap saja nonton jalan ceritanya sampai akhir. Seperti film horor korea yang baru-baru ini aku nonton, yaitu The Ghost Station yang belum lama ini tayang di bioskop. Jalan cerita yang seperti puzzle membuat aku penasaran nonton sampai akhir meski berkali-kali aku merasakan jumpscare karena nonton film horor ini.

Sinopsis Film The Ghost Station

Sinopsis film horor korea the ghost station
Pic : imdb.com

The Ghost Station. Cerita ini diawali dengan cerita mistis yang dialami oleh petugas di stasiun kereta Oksu, Choi Woo Won (Kim Jae Hyun). Woo Won merasa terganggu dengan berbagai kejadian mengerikan yang sering terjadi ketika penumpang menantikan kereta terakhir. Padahal saat itu ia sedang mempersiapkan ujian menjadi pegawai negeri. Karenanya ia pun segera menghubungi seorang temannya yang kebetulan bekerja sebagai jurnalis di media online ternama untuk mengungkap cerita misteri yang ada di Stasiun Oksu. 

Rasa Penasaran Jurnalis Na Young tentang Stasiun Oksu

Bak gayung bersambut, Na Young (Kim Bo Ra) seorang jurnalis yang merupakan teman Woo Won juga penasaran dengan cerita mistis di Stasiun Oksu tersebut karena ada kasus dugaan bunuh diri di rel kereta stasiun yang tidak biasa. Tanpa berpikir panjang Woo Won pun memberikan video salinan rekaman CCTV. Sayangnya Na Young melakukan tanpa meminta izin secara resmi pada stasiun dan mempublikasikan langsung ke media online.

Para pemain film horor korea the ghost station
Pic : cnnindonesia.com

Namun siapa sangka, video tersebut viral di media sosial. Kemudian berselang hari kejadian aneh di stasiun pun berulang lagi, sampai banyak dilaporkan orang meninggal di stasiun Oksu. Karena kejadian ini Na Young jadi memiliki masalah dengan redaktur di tempat kerjanya. Ia yang kerap kali mengabaikan kode etik dalam bekerja demi untuk mendapatkan trafik yang tinggi pada tulisan media online yang ia garap. Ia pun dituduh melakukan hal serupa ketika memberitakan kasus di stasiun Oksu ini.

Di Balik Cerita Angkernya Stasiun Oksu

Merasa hal ini merupakan peluang untuk memperbaiki kinerjanya sebagai jurnalis, Bersama dengan temannya Woo Won, ia pun dengan sungguh-sungguh meliput dan memberitakan hal fakta di balik cerita angker stasiun Oksu. Kematian orang-orang di stasiun tersebut ternyata memiliki pola yang sama. Yaitu bermula dari sebuah cakaran yang ada di tangan, lalu kemudian cakaran tersebut menjalar sampai ke seluruh tubuh. 

Stasiun Oksu ternyata menyimpan sejumlah cerita mistis di dalamnya. Dibangun di atas sebuah sumur yang rupanya menyimpan sejarah misteri kelam pada masa lalu. Cerita di balik angkernya stasiun Oksu tersebut seakan memiliki benang merah dengan serangkaian berita kematian yang ada di sana dan menjadikannya seperti sebuah kutukan yang tidak pernah bisa lepas. Lalu mampu kah Na Young dan Choi Woo Won memberikan fakta dari misteri kematian yang mengerikan tersebut?

Para Pemeran The Ghost Station

Pemeran utama film horor Korea terkenal ini diperankan oleh dua bintang muda berbakat Kim Bo Ra dan Kim Jae Hyun. Kim Bo Ra yang berperan sebagai Na Young, jurnalis media online yang haus informasi ini dikenal melalui drama korea Sky Castle dan Her Private Life yang ngetop beberapa tahun yang lalu.

Sedang peran Choi Woo-won dimainkan oleh Kim Jae Hyun, pemain drum pada band N.Flying ini semakin bersinar pada drama jepang yang diperankannya dalam Love You as the World Ends ( Kimi to Sekai ga Owaru Hi ni ). Pemeran lainnya di film ini adalah Shin So-yul yang berperan sebagai Tae Hee, ia dikenal lewat drakor Love & Secret dan Cheongdamdong Alice. 

Adaptasi dari Webtoon Horor Populer

Webtoon naver korea the Ghost station 2011
Pic : kpopkuy.com

Film horor Korea yang belum lama dirilis di bioskop Indonesia tahun 2023 ini, faktanya diadaptasi dari sebuah platform komik online alias webtoon korea bertema horor yang populer di Korea Selatan pada tahun 2011 lalu, yang berjudul Oksooyuk Guishin karya penulis Ho Rang. Cerita dalam komiknya rupanya hanya terangkum dalam satu bab saja. Maka tak heran kalau film the Ghost Station yang digarap oleh sutradara Jeong Yong-ki (Return of the Mafia & The Righteous Thief) ini hanya berdurasi sekitar 80 menit.

Tidak tanggung-tanggung cerita horornya pun ditulis ulang oleh penulis naskah horor dari Jepang Takahashi Hiroshi yang dikenal dengan karyanya The Ring. Latar belakang cerita urban legendnya pun sama-sama berasal dari sumur. Meski begitu alur cerita dari 2 film tersebut tetap saja berbeda, baik dari penokohan maupun karakter hantunya.

Gaes, buat kamu yang penasaran sama film horor korea satu ini, bisa juga kamu tonton di aplikasi streaming online resmi lho. Selain film horor the Ghost Station, film hantu Korea terseram apalagi nih yang ingin kamu tonton di tahun 2023 ini? Yuk, sharing di kolom komentar ya :)


4 komentar

  1. Kudu nonton ini.. Soalnya suka genre horor sih kak.
    Memang jarang gagal kalo film horor korea.
    Ternyata adaptasi dari webtoon ya, pengen juga baca webtoon nya. Biar makin seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cha, saya kalo mau nonton film horor korea liat dulu isi ceritanya, klo horor kali takuttt 😅

      Hapus
  2. Awak suka sih yang berbau horor, apa itu novel, film, atau story telling.
    Tapi sekarang lumayan takut buat baca, nonton, dan dengerinnya.
    Kenapa ya. Faktor U berpengaruh ndak ya...
    Ck...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha bisa jadi kak, faktor u bikin jantung lebih deg degan yaa wkwk

      Hapus