6/30/2013

Flower Charm dari clay


Di penghujung minggu ini saya ingin berbagi tutorial sederhana untuk membuat Flower charm atau charm bunga dari bahan clay tepung. Bunga charm ini dapat dijadikan pendant untuk kalung, anting, gelang, gantungan kunci, dan gantungan ponsel anda :)

seperti biasa, saya masih menggunakan bahan-bahan tepung membuat clay sederhana ini, cara membuatnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama, sekitar 30 menit - 1 jam saja, cepatkan :)
Sebenarnya tutorial charm bunga ini saya dapatkan dari situs penggemar clay berbahasa inggris, yaitu air dry clay tutorial lalu kemudian saya praktekkan langsung dan voila jadi deh :D

Pertama, buat adonan dasar clay, cukup 1 sendok makan saja pertepungnya ( 3 tepung ajaib: maizena, kanji, ketan), kemudian sedikit benzoas dan lem fox 2 sendok makan, diuleni hingga kalis, adonan clay siap diberi warna


Kedua, Adonan clay yang sudah diberi warna dibagi atas 5 bagian, 5 bagian itu digunakan sebagai kelopaknya, oiya charm bunga ini bukan berbentuk bunga ros loh, tp bunga daisy biasa, atau bunga-bungaan deh namanya :D, buat juga adonan untuk putik yang ditengahnya ya..


Ketiga, Adonan yang sudah dibagi 5 bagian itu dibentuk kelopak satu persatu, bentuk seperti tetesan air, seperti ini


Keempat, 5 Kelopak yang sudah dibentuk tadi, digabungkan dan diberi lem fox agar dapat menempel dengan kuat,voila! jadilah bunga sederhana :)
karena akan dibuat "charm", maka bunga sederhana ini dipasangkan eyepin didalamnya, seperti ini :)


Kelima, sebagai finishingnya, buatlah lagi charm bunga sederhana ini dalam berbagai warna dan ukuran, sentuhan akhirnya agar terlihat makin cantik dan terlihat mengkilat, flower charm atau charm bunga ini disemprotkan pylox bening, voila cantik kan :) ( muji punya sendiri hehe )

4 komentar:

  1. selain buat bunga bisa bentuk lain juga gak

    BalasHapus
  2. mbak ini kalau drai tepung awet ng, yang biasa saya dengar pada pakai clay import

    BalasHapus
  3. kalau clay tepung biar awet, pake sedikit benzoas yg untuk kue mba. trus biar warnanya ga kusam jangan pake tepung terigu, pakenya tepung kanji, maizena & tpg ketan aja. biar awet jauhkan dr tempat yang lembab. memang klo dr soal kekuatan warna & keawetan clay yg sudah jadi/import lebih bagus :)

    BalasHapus