$results={3}

Ball Jointed Doll atau Boneka Bersendi Bola


Lagi kesengsem sama yang namanya Boneka BJD, karena seringnya liat2 blog yg demen cosplay-an, dan liat blognya penggemar j-rock atau penggemar animasi juga lagi trend-trendnya punya boneka BJD.
Lalu BJD? apaan ya BJD itu?
" A ball-jointed doll is any doll that is articulated with ball and socket joints "
(wikipedia)

Boneka BJD yang mirip manusia

kalau di bahasa Indonesiakan apa ya artinya? Boneka bersendi bola, atau mungkin boneka tiruan/miniatur manusia yg memiliki sendi-sendi seperti manusia, karena disatukan oleh bola sebagai penghubungnya, dan akhirnya bisa digerakkan..hmm kira2 begitu kali ya kalau diterjemahin...x_x (wakwaww)

Setelah browsing2 boneka atau clay doll ini ternyata dibuat dari bahan polymer clay (lah, baru tau) atau ada juga yang dari resin ( polyurethane resin )
Boneka BJD atau bersendi bola ini berasal dari negara eropa dan berkembang di negara Perancis dan Jerman. Diliat dari sejarahnya jadi inget boneka Annabelle deh, hiy..
Kemudian boneka bjd ini berkembang ke negara Jepang ( contohnya Super Dolfie) dan Korea ( contohnya Delf ) dan mulai dikoleksi oleh para hobiis.

Di Indonesia boneka ini sepertinya berkembang seiring dengan berkembangnya para cosplayer dan penggemar musik j-rock atau penggemar animasi yang juga hobi mengkoleksi figurin2 dari berbagai jenisnya.

Awalnya liat boneka Bjd memang serem aja bawaannya, dengan tinggi boneka yang dimulai dari 25 cm sampai ada yang 100 cm, membuat boneka bjd ini seperti hidup, dengan mata yang bulat dan mempunyai ragam warna pada bola matanya, ada yang berwarna hitam, biru, coklat, hijau, abu-abu yang hampir mirip dengan mata manusia, begitu juga dengan rambutnya yang juga mirip dengan manusia.

Seperti boneka barbie dan sejenisnya, boneka bjd ini begitu cantik atau keren apabila ditambah dengan busana yang terbilang mewah atau bertemakan cosplay.
Dengan begitu, boneka bjd ini jadi begitu hidup dengan tema yang dibawanya, dan busana yang dikenakan oleh boneka bjd pun bisa berganti sesuai dengan keinginan pemiliknya ^^

Koleksi foto Boneka Ball Jointed Doll



Berniat buat dijadikan koleksi?

karena boneka bjd memang dibuat secara handmade, atau pun custom order, boneka bjd termasuk boneka yang dihargai sangat mahal, tentunya buat para kolektor bukan masalah ya, dimulai dari harga 1 juta sampai 100 jutaan boneka bjd menjadi boneka yang sangat ekslusif dibanding boneka-boneka lainnya :)

Jika penasaran dengan cara membuatnya? lengkap dengan tutorialnya dan gambar yang lumayan jelas , sudah banyak referensi di mbah Google ini yang mungkin bisa menjadi referensi yang berguna buat kamu :)

Sumber : 

http://en.wikipedia.org/wiki/Ball-jointed_doll
http://legenddoll.net/

5 komentar

  1. keren juga bonekanya ya, tapi kok aku jadi inget salah satu film horor ya :)

    BalasHapus
  2. iya mba, mirip boneka yg di film the conjuring kali ya ^^

    BalasHapus
  3. salam kenal juga mba chii Renzo :D, kalo kita bisa buat sendiri enak juga ya

    BalasHapus
  4. aku punya BJD, mba.Bisa lihat di blog ku kalo tertarik ^_^ salam kenal <3

    BalasHapus
  5. Wah saya suka juga nih sama boneka BJD ini, tapi harganya lumayan juga ya

    BalasHapus