Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Needle Craft

Ragam needle craft kerajinan tangan menggunakan jarum
Pic : etsy.com


Masa pandemi ini apa saja yang ingin dilakukan bagi ibu rumah tangga yang lagi mager..atau ibu hamil yang lagi bosan ngedrakor?? Aku punya solusinya biar gak bosan lagi pada saat ini...

Oke, ini cuman intronya...

Sudah sebulan rupanya aku belum update sama sekali. Jujur rasanya tidak adil sama blog aku satu ini selalu saja di nomor duakan, sedangkan blog satu lagi selalu aku nomor satukan hihihi. Tapi sebisanya aku isi terus paling tidak sebulan sekali lah biar blognya gak bersawang :D

Sudah lama juga nih aku tidak membahas tentang hobi akan kerajinan tangan alias craft. Dulu saat demam drakor dan baca manga online tidak sebooming sekarang, aku tuh selalu sempatin mengerjakan something kreatif seperti mengerjakan clay atau membuat bros dari pita/ribbon. Sekarang?? Hmmh seakan semuanya menguap hehehe..

Ok, kembali ke topik. Walaupun aku tidak sedang mengerjakan craft ini, tapi ada yang membuat aku tertarik untuk membahasnya yaitu tentang needle craft atau kerajinan tangan berbahan dasar jarum. Yang aku bahas bukan jarum jahit biasa loh ya. Tapi jarum besar yang panjangnya berukuran 10-15 cm. Jadi sebaiknya harus jauh dari jangkauan tangan anak.

Jarum-jarum besar yang tajam ini digunakan untuk kerajinan tangan yang mungkin terasa asing untuk kita dengar di Indonesia ini, karena memang pengrajin/crafternya masih bisa dihitung dengan jari. Ini tentag knitting? Bukan, bukan tentang ini. Lalu tentang apa sajakah itu?

Punch Needle

kerajinan tangan punch needle menggunakan jarum khusus untuk membuat lukisan
Pic : chaumiere-oiseau.fr

Walaupun kerajinan tangan berbasis jarum ini sudah lama ada dan masuk ke Indonesia di tahun 2013-2014, aku melihat masih belum banyak crafternya pada tahun 2020 ini. Kebanyakan aku lihat di Pinterest ya gitu dari orang luar negeri semuanya. Seni ini menggunakan jarum khusus yang berdiameter 0,5 cm dan ada lubang di tengahnya untuk memasukkan benang wol di tengahnya. 

Punch Needle merupakan seni kerajinan tangan menggunakan jarum khusus dan benang wol sebagai media utamanya untuk membuat suatu lukisan di atas kain canvas yang berbahan kain belacu atau kain linen dengan cara menusuk kain ke atas bawah dan dijahit sesuai arah jarum. Seni Punch needle digunakan untuk membuat sarung bantal, lukisan dinding, selimut dan masih banyak lagi.

Penggunaan jarum khusus ini tidak belibet kalau kita mengetahui cara menggunakannya. Tutorial lengkap sekarang sudah banyak beredar di channel Youtube. Kerajinan tangan ini cocok dilakukan bagi ibu rumah tangga, ibu hamil yang sedang menunggu kelahiran si buah hati juga para anak remaja yang bosan main Tiktokan (haha apaseh :p)

Peralatan yang dibutuhkan untuk Punch Needle :

Alat tools punch needle jarum khusus untuk menjahit
Pic : northshorecrafts.com

- Jarum jahit khusus

- Hoop dari kayu atau plastik sebagai bingkai

- Benang wol atau benang sulam

- Loop untuk memasukkan benang ke dalam jarum

- Gambar/pola untuk lukisannya

- Kain khusus untuk Punch Needle, seperti : kain linen yang agak berongga, kain belacu/monks cloth, kain goni/burlap dan kain untuk rug warp (tidak tahu kalau di kita namanya kain apa).

- Gunting (tentu saja)

Cara membuatnya bisa kamu lihat di Youtube ya, karena penjelasan melalui video pasti akan membantu kamu secara detil.

Contoh videonya :


Needle Felting

needle felting kerajinan tangan menggunakan jarum khusus dan felt untuk membuat boneka
Pic : feltify.com

Lain halnya dengan Punch Needle, ada lagi kerajinan tangan yang bernama Needle Felting. Kerajinan tangan ini menggunakan bahan kain felt atau felt yang belum jadi kain alias masih berupa serat/kapas felt biar mudah dibentuk dengan jarum khusus. Nah jarum khusus ini gunanya untuk menusuk-nusuk cantik kain felt hingga menjadi bentuk yang diinginkan.

Seni ini mulai masuk ke Indonesia di tahun 2014, meskipun begitu luar negeri sana jenis craft ini masih tetap booming dan laris manis sampai saat ini. Akan tetapi sampai sekarang belum banyak juga crafternya di Indonesia. Entah mungkin karena jarum dan perangkat lainnya yang masih mahal masuk ke Indonesia kali ya, i dunno

Yang membuat aku tertarik lihat jenis craft ini adalah hasil akhirnya. Kebanyakan yang aku lihat yaitu berbentuk boneka atau gantungan kunci, iya boneka lho. Kalau boneka itu berasal dari bahan felt tentu saja pasti enak buat dipeluk-peluk, dan enak buat dipegang-pegang (jangan ngeres ya!) dan pastinya empuk.

Rata-rata hasil seni Needle Felting ini berupa boneka hewan imut yang menggemaskan. Jadinya sebagai crafter baik yang pemula ataupun yang expert ingin mencoba seni ini juga. Meskipun bentuknya lucu kalau kita lihat punya orang, tapi hasil akhirnya ya pasti berbeda dong.

Kalau saya lihat di tutorialnya sih susah-susah gampang, tidak seperti seni Punch Needle. Tapi jadi kepo abis pengen buat juga, yah setidaknya untuk anak tercinta aja deh daripada gak laku dijual wkwk :p

Peralatan yang dibutuhkan untuk Needle Felting :

alat tools needle felting kerajinan tangan dengan jarum
Pic : fiberArtsy.com


- Felt yang masih berbentuk gulungan serat (biasanya dijual di toko online)

- Kain Felt lembaran

- Jarum khusus Needle Felting yang terdiri dari beragam jenis berdasarkan kegunaan

- Benang wol untuk melukis (membuat alis mata dan senyum pada boneka)

- Spons tebal atau sikat halus sebagai alas untuk membuat boneka

- Manik2 untuk membuat mata boneka

- Kawat untuk rangka boneka 3D

Kalau lihat video tutorialnya pasti akan mudah mencobanya. Oiya untuk mencari bahan-bahan kedua jenis kerajinan tangan ini sudah ada di toko online Indonesia koq, silahkan disearching saja. 

Kalau rekomendasi dari aku adalah toko online seperti Thehandcrafter dan Smartyhands, instagramnya juga sudah ada

 So, happy crafting yaa :D

Credit : dari berbagai sumber ( Pinterest )


Posting Komentar untuk "Tentang Needle Craft"