Menggambar Ilustrasi dengan Canva


menggambar ilustrasi dengan aplikasi canva

- Tutorial Ilustrasi dengan Canva -

Saat pandemi ini, membuat kita harus di rumah aja. Terkadang bingung mau ngapain aja setelah semua pekerjaan domestik selesai dikerjakan. Mager atau gabut banget pastinya. Kalau tidak menulis blog ya aku tidur atau menonton Dorama Jepang ataupun Drakor. Atau juga nih kayak aku baca novel online atau komik online di webtoon atau mangadex :D

Tapi ya tiap hari juga sih hobi itu aku lakukan. Dulu suka membuat hobi tentang craft seperti clay, bros dan kreasi pompom Terkadang bosan juga sih, butuh hobi baru nih buat ngisi hari-hari di rumah aja kayak saat ini. Salah satu hobi baru aku adalah menggambar ilustrasi secara digital. Wah hebat mau jadi komikus rupanya ya. Nggakk! Cuman edit-edit saja sih aku wkwk. Tapi fun banget hehe. Iya ngecanva itu fun sekali buat aku. 

Apalagi buat canva untuk ilustrasi bukan infografis lho ya, meskipun Canva ini sangat bisa banget untuk infografis. Aplikasi Canva menurut aku bisa semuanya. Mau buat iklan bisa, mau buat infografis lebih keren, mau buat kartu ucapan hayuu, apalagi mau buat ilustrasi lebih cakep lagi.

Setelah mengikuti kursus singkat melalui wag oleh salah seorang blogger senior, akupun memberanikan diri untuk membuat ilustrasi menggambar menggunakan Canva sesuai keinginan sendiri. Hasil editan masih setaraf anak smp lah, belum bisa disebut mastah ini. Tapi so far kata temen cakep gak pake banget, ya mungkin untuk membuat akutuh hepi aja hahaha :D

Ini dia contohnya :

tutorial ilustrasi canva dating story
Dating story 
Pic : Dokpri

Langkah-langkah Membuat Ilustrasi dengan Canva :

Oke akan aku beri tahu tutorial versi singkatnya ya, karena aku baru belajar tahap ini dulu. Kalau sudah mahir aku akan membagikannya kembali di blog ini. 

Buka Aplikasi Canva

1. Pertama buka aplikasi Canva, terus pilih tanda + untuk desain yang baru yang masih kosong. Pilih format untuk Instagram yang ukurannya 1080 x 1080 piksel. 

Oiya ada 2 cara menggunakan Canva, satu dari smartphone satu lagi dari komputer. Keduanya harus terkoneksi dengan internet. Satu menggunakan aplikasi, satunya lagi cukup gunakan browser di komputer saja. Kelebihan menggunakan Canva di komputer/laptop maka gambar bisa dibuat animasi bergerak. Lebih keren kan :)

2. Kembali ke topik. Karena tujuannya untuk membuat ilustrasi, maka aku akan pilih menu ilustrasi pada pilihan untuk desain Canvanya. Ilustrasi bermakna semua pilihan yang ada lebih ke arah animasi atau sketsa. Ada 5 pilihan elements dalam ilustrasi tersebut, antara lain :

- Bentuk / shapes : berupa lingkaran, segitiga, persegi, atau bentuk yang tak beraturan

- Ilustrasi / illustrations : berupa sketsa atau animasi manusia, hewan atau benda

- Bingkai / frames : berupa bingkai foto, untuk tulisan atau gambar yang bentuknya bisa saja bulat, kotak, simetris atau asimetris

- Baris / lines : berupa gambar dalam bentuk garis. Untuk Baris/lines tidak ada pilihan yang banyak.

- Ikon / icons : berupa simbol untuk dipasangkan dalam sketsa gambar

3. Untuk membuat sebuat gambar, pertama kali pilih ilustrasi, kemudian pilih bentuk. Apa yang dalam imajinasi saja. Kalau saya ingin membuat imajinasi sepasang kekasih sedang bermain hp sambil duduk di dalam ruangan kamar. Pilihan ilustrasi ada yang gratis ada pula yang berbayar. Yang berbayar ada ikon "crown" pada gambarnya. Kalau memakai yang berbayar boleh saja tapi water mark Canva akan selalu ada. 

4. Hal pertama yang akan aku gambar adalah sudut ruangan kamar yang ditandai dengan adanya garis tipis putih tipis sebagai sekat. Untuk membuatnya, pilih bentuk/shapes persegi kemudian atur dengan rapi. 

Setelah itu tambahkan segitiga di bawah persegi. Hasil bisa lihat pada gambar. Untuk ruangan bersudut dua seperti ini diperlukan bentuk persegi 1 pc, segitiga 2 pcs dan persegi ukuran kecil 2 pcs. Sudut ruanganan telah berhasil dibuat. 

Langkahnya bisa dilihat melalui gambar 1-6 ini. 

tutorial ilustrasi canva cara membuat sudut ruang
Cara membuat sudut ruang
Pic : dokpri


5. Setelah membuat sudut ruangan. Bisa ditambahkan corak lantai dengan menggunakan kata kunci "dots". Pilihan corak dengan pilihan dots ternyata ada banyak. Bisa jadi motif dinding, lantai, motif langit, pemandangan alam dan lain-lain.

6. Setelah menambahkan corak lantai maka bisa ditambahkan karpet untuk duduk. Karpetnya bisa ditambahkan kata kunci "carpet", atau pilih "circle" untuk ragam pilihan yang bisa dijadikan alas duduknya. 

tutorial ilustrasi canva membuat cerita
Cara menambahkan karpet dan orang
Pic : dokpri


7. Setelah itu baru saya tambahkan figur orangnya. Karena aku ambil temanya sepasang kekasih yang lagi duduk, aku pilih kata kunci "sit", maka keluarlah ilustrasi orang yang lagi duduk. Ada seorang wanita dan laki-laki yang pegang hp, kebetulan ini gambar yang cocok buat saya ambil. 

8. Kata kunci yang lain bisa digunakan dalam mencari elements ialah, "woman", "man". Untuk tanaman, kata kuncinya "plant", kucing "cats", buku "books", dan lain-lainnya. Voila! Sambil bermain kata kunci kita bisa membuat ilustrasi sesuai dengan imajinasi. Keren ya!

Contoh Hasil Edit Canva

hasil tutorial ilustrasi canva yaniehobi
Hasil ilustrasi Canva
Pic : dokpri
Yeayy!!
Cukup mudah bukan? Oke, selamat berkreasi yaa :D
Yanie aja

Blog tentang Hobi dan Favoritku. Hobi tentang canva, clay, craft, drama, webtoon dan lain-lainnya. Kerjasama Content Placement/ Sponsor Post : blogiidyanie@gmail.com

9 Komentar

  1. Saya pengguna setia Canva dari mulai nulis sampai sekarang, soalnya simpel dan user friendly banget emnu-menunya. dan banyak yang lucu-lucu gambarnya, banyak pilihan

    BalasHapus
  2. Gambarnya bagus jadi pengen belajar m tapi saya masih bingung dengan step pertama. Tangkaoan layar dari awalnya belum ada..qu praktikkan malah bingung.

    Saya suka dunia anak jadi lebih suka gambar yang ada anaknya.

    Belajar desain Canvas itu penting. Pengen bisa agar konten komunitas Indonesia saling follow lebih baik dan lucu.

    Nanti saya japri, ya, Mbak untuk langkahnya karena masih bingung muhun.

    BalasHapus
  3. Wawww baguss cakep mbaa, aku belum sampai pada tahap bikin sendiri, biasanya pake canva yang sudah ada templatenya.

    BalasHapus
  4. Gambar ilustrasi Canvanya bagus, Mbak. Aku juga masih belajar-belajar gambar di Canva. Tapi seneng soalnya gak terlalu susah makai Canva. Lumayan buat refreshing.

    BalasHapus
  5. Pakai aplikasi ini siapapun bisa berkreasi dan menuangkan ide secara visual. Bisa pake aplikasi ataupun berbasis website. Enaknya lagi bisa banyak template tersedia. Jadi makin mudah

    BalasHapus
  6. dari dulu selalu jauh jauh dari aplikasi canva karena saya tau ini aplikasi nagih yang pasti kalau sudah mulai sulit untuk berhenti. .tapi koleksi gambarnya memang bagus dan variatif ya

    BalasHapus
  7. Canva memang favorit banyak content creator. Tersedia banyak template juga items items yang keren keren, jadikan Canva pilihan nomor 1 bikin konten tanpa ribet.. Paling seru itu bisa nemuin items baru atau jarang digunakan dari hasil keyword tertentu di menu search elements..

    BalasHapus
  8. Canva ini memang keren banget untuk menggambar. Kalau saya cuma pakai template :D
    Masih butuh belajar banyak untuk bisa menggambar :D

    BalasHapus
  9. Saya pribadi belum terlalu banyak eksplor Canva. Masih seadanya banget ketika membuat desain untuk blog. Tapi berguna banget sih ya ketika kita dituntut untuk bisa membuat infografis

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama