$results={3}

List Hobi Crafting Sederhana yang Bisa Dibuat

Suka berkreasi dengan bahan yang ada di sekitar kita? Jangan anggap sepele. Kegiatan tersebut bisa menghasilkan uang lho.  banyak ide crafting mudah yang bisa dibuat. Jika kualitasnya bagus, tidak menutup kemungkinan banyak yang menyukainya.

Modal dasar dalam membuat produk kerajinan tangan adalah tekun dan sabar. Dengan berbekal kreasi, barang tidak berguna bisa disulap menjadi lebih estetik dan bermanfaat. Kamu pun bisa gabung dengan klub crafting untuk menambah keterampilan dan memasarkan produknya. 

Daftar produk crafting yang bisa dibuat dengan mudah

daftar produk crafting yang bisa dibuat dengan mudah
Pic : Freepik.com

Bisnis barang kerajinan cukup menjanjikan karena tidak semua orang bisa membuatnya. Salah satu ciri barang handmade atau dibuat dengan tangan adalah satu dan lainnya tidak bisa sama persis. Ini yang membuat produknya unik dan banyak peminatnya. 

Untuk mendapatkan keterampilan dalam bidang crafting sangat mudah. Kamu bisa join grup yang ada di media sosial atau belajar sendiri. Saat ini banyak akun YouTube yang berisi tutorial membuat produk kerajinan tangan. Kreasi dan kesabaran bisa menghasilkan produk keren. Apa saja yang bisa dibuat?

Tas dari perca

Jika kamu suka menjahit bisa membuat tas dari kain perca. Tidak harus menggunakan mesin, menjahit dengan tangan pun tidak masalah. Kamu bisa membuat model tote bag yang sederhana dan tidak perlu waktu lama untuk mengerjakannya.

Tas buatanmu pasti akan menarik untuk tempat aneka barang ketika bepergian. Untuk bahan yang agak tipis, bisa dijadikan tas belanja. Jangan ragu. Saat ini banyak lho produk kain perca yang menjadi barang berkelas. Harganya pun bisa cukup mahal. Apalagi untuk model detail dan membutuhkan waktu lama saat membuatnya.

Barang Rajut

Merajut bukan hanya kegiatan yang menyenangkan, namun juga sebagai terapi. Dengan membuat rajutan, kamu bisa lebih sabar dan tekun. Daya ingat pun bisa bertambah karena terbiasa untuk mengingat pola dan desain rajutan.

Sebagai pemula, kamu bisa membuat barang yang simpel dan mudah. Gelang tangan, gantungan kunci, ikat rambut atau pengait masker bisa menjadi pilihan. Merajut merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Jika dulu keterampilan ini identik dengan nenek, Sekarang siapa saja bisa mengerjakannya. Bahkan banyak cowok yang mahir membuat rajutan. 

Tempat pensil

Ide crafting mudah berikutnya adalah membuat tempat pensil dari kotak karton bekas. Jika di rumah ada karton berukuran kecil yang tidak terpakai, kamu bisa menghias dan menjadikannya sebagai tempat pensil. Cukup dengan membungkusnya menggunakan kertas bermotif cantik dan menambahkan ornamen, kotak tempat pensil siap menghias meja belajar.

Vas dari botol bekas

Botol bekas mempunyai banyak kegunaan dan bisa dikreasikan sehingga menghasilkan aneka produk. Kamu bisa membuatnya menjadi vas bunga yang cantik. Buatlah gambar dengan menggunakan cat khusus agar terlihat menarik.

Jika mau menambahkan tali, bisa menjadikannya vas gantung untuk tempat tumbuh tanaman hias. Tanpa gantungan juga sudah ok, bisa sebagai penghias ruang tamu agar terlihat semakin asri dan nyaman. 

DIY - Penghias lampu dari kemasan air mineral

Ingin kamar tidur berkesan unik dan menarik? Kamu bisa menambahkan penghias pada lampu kamar tidur. Cukup dengan memanfaatkan botol bekas air mineral dan cat warna kesukaan. Lampu hias kekinian siap melengkapi ruang beristirahat. 

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu :

  • Potong sedikit bagian leher atau yang dekat tutup
  • Kemudian potong badan botol menjadi dua
  • Ambil bagian sebelah atas
  • Beri warna sesuai keinginan
  • Belah-belah sehingga menjadi bentuk memanjang sampai dekat tutup
  • Buka belahan-belahan tersebut
  • Masukkan bohlam dan lampu kamar tidur akan terlihat estetik

DIY - Hiasan berbentuk kepala rusa dari kardus

Kardus yang cukup tebal dapat disulap menjadi banyak barang estetik. Salah satunya menjadi bentuk kepala rusa. Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana. Cukup sejumlah kardus, gunting dan lem. Cara membuatnya juga mudah, yaitu :

  • Buat pola 
  • Potong sesuai pola dan tempelkan berurutan
  • Tambahkan bentuk menyerupai tanduk pada bagian kepala
  • Sekarang, hiasan kepala rusa siap mempercantik ruangan

DIY - Bungkus kado dari botol bekas

Cara membuat bungkus kado dari botol bekas
Pic : bp-guide.id

Bingung mencari bungkus kado? Jika ukurannya kecil, kamu bisa membuat dari botol bekas. Hanya dengan tambahan sentuhan kain satin atau pita mengkilap, dan tali untuk mempermanis, tempat kado cantik bisa menampung kado yang akan diberikan. 

Caranya, yaitu :

  • Ambil dua buah botong
  • Potong dan sisakan bagian bawahnya. Masukkan kain satin atau penghias lain
  • Masukkan kado yang kamu berikan, misal bros, gelang, kalung atau lainnya dengan ukuran kecil
  • Satukan dengan cara mengelemnya dan tutup bagian sambungan menggunakan pita cantik.

DIY - Rangkaian bunga dari tutup botol

Di rumah ada banyak tutup botol warna-warni? Jangan membuangnya! Kamu bisa menyulapnya menjadi bunga-bunga cantik. Apalagi caranya sangat simpel. Bunga cantik ini bisa menjadi penghias ruang tamu atau ruangan lainnya. 

Caranya yaitu : 

  • Ambil kertas kardus sebagai alas
  • tata dan merekatkan tutup botol sehingga membentuk bunga,
  • satukan dengan tangkai, bisa dari kardus atau ranting pohon
  • masukkan ke dalam botol kaca bekas yang difungsikan sebagai vas, voila! Jadi deh :)

Well, hanya dengan teknik crafting yang mudah, kamu bisa membuat aneka produk dari bahan yang ada di rumah. Selain mengurangi sampah, juga membuat barang tersebut lebih berfungsi. Jika tekun dan kreatif, keterampilan ini bisa menjadi sumber rezeki. 

Sumber :

https://bp-guide.id

https://www.ecwid.com/id/blog/15-diy-to-make-and-sell.html


Posting Komentar