Review : Jasy Jatere Dewa Dari Paraguay Jadi Tokoh Webtoon

 

Review komik webtoon when jasy whistles
@webtoonofficial

Hola gaes, 

Kembali lagi aku membahas webtoon, kira-kira udah lama banget nih aku gak bahas ttg komik, terakhir bulan maret yang lalu. Huhu udah lama banget, dasar aku sok sibuk, eh sok males wkwk.

Oya kali ini aku membahas tentang komik yang berasal dari cerita legenda , seperti yang pernah aku bahas sebelumnya yaitu Ken Dedes, legenda cerita dari tanah Jawa. Nah, sekarang aku bergeser ke luar negeri, gak perlu ribet deh, pake pintu Google aja carinya sambil rebahan juga boleh, hehe.

Legenda Jasy Jatere dari Paraguay

Namanya Jasy Jatere ( Pronounce-nya : Jasi Jatere ). Pada legenda aslinya Jasy Jatere ini berwujud seorang anak berambut pirang keemasan, tapi ada juga yang bilang ia memiliki wujud anak dan wujud dewasa. Jasy Jatere adalah seorang dewa setengah manusia, sang penjaga hutan belantara. Jasy merupakan anak ketujuh dari dewa Tau dan Kerana yang dikutuk.

Jasy Jatere dalam wujud mitologi Paraguay
Wiki El-Bestiario


Jasy, menurut legenda amerika latin di sana sangat ditakutkan oleh para orang tua. Karena hobinya Jasy ini adalah menculik anak manusia yang bandel dan kemudian menghipnotisnya dengan tongkat. 

Kisah Jasy sering dijadikan dongeng bagi anak-anak dengan versi yang berbeda-beda. Inti dari dongengnya sih agar anak selalu menuruti perintah orang tua untuk tidur tepat waktu dan waspada kalau keluar rumah. Bagus juga sih jadinya, anak-anak gak akan keluyuran deh kalau begini ya kan :)

Namun bagaimana dengan kisahnya di Webtoon ini ya? 

Review Singkat When Jasy Whistles

Si Jasy Jatere ini dijadikan tokoh webtoon bahasa Inggris dengan judulnya When Jasy Whistles, karya author Cibeles.

Keberadaan Jasy Jatere cukup ditakuti oleh penduduk yang tinggal di pedesaan Amerika Selatan karena konon katanya ia suka menculik anak kecil yang bandel dan tidak suka tidur siang. 

Sang tokoh wanita, Hela termasuk anak yang tidak takut akan legenda tersebut. Ia adalah seorang cucu kepala suku yang disegani di tanah Chaco, Paraguay. Hela berjanji kepada neneknya Abuelita, untuk menjaga tanah kelahiran dan sukunya agar tidak musnah.

Hela
@webtoonofficial

Dengan kemahirannya dalam memanah, Hela tetap percaya diri untuk menjaga sukunya sampai kelak ia dewasa nanti. Namun, ketika dewasa Hela mendapati satu-persatu keluarga di tanah kelahirannya yang juga berarti bagian dari sukunya, pindah ke kota dan menjual lahannya kepada yang berwenang. 

Tinggal Hela seorang yang tidak ingin pindah ke kota, meskipun kedua orang tuanya telah merayunya. Hela tetap sekuat tenaga memegang teguh janjinya kepada nenek tercinta untuk mempertahankan tanah kelahirannya.

Suatu hari, Rodrigo teman masa kecil Hela datang untuk mengajaknya tinggal di kota, sembari ingin menunjukkan sesuatu kepada Hela di gua dekat hutan. Tanpa menghiraukan larangan orangtua Rodrigo untuk menjauh dari gua, mereka pun nekad untuk masuk ke gua yang gelap tersebut.

Suatu ketika Rodrigo pun akhirnya menghilang tanpa jejak di dalam gua setelah mereka terhipnotis dengan siulan misterius. Hela terbangun di rumahnya dan mendapati Rodrigo tidak ada. Ia akhirnya mencarinya kembali ke hutan, hingga bertemu dengan Jasy. 

Ternyata tampang Jasy Jatere tidak seseram yang ada di imajinasi Hela selama ini menganggapnya seorang monster. Hela memang tidak salah, saudara Jasy Jatere semuanya memiliki tampang monster yang benar-benar mengerikan, namun hanya Jasy yang tidak.

Anggapan Salah tentang Jasy

Jasy Jatere
@cibeles_art

Jasy Jatere di dalam komik webtoon ini digambarkan sebagai seorang manusia yang berambut emas, bermata biru, menggunakan tongkat sihir, tampan, tinggi dan berkulit terang. Ini karena Jasy merupakan titisan dari ibundanya yang juga seorang manusia. Namun Hela, terlanjur benci sama Jasy, karena ia telah menculik Rodrigo, suatu tuduhan tanpa bukti yang ditujukan kepada Jasy. 

Jasy sendiri tidak mengiyakan penculikan itu, namun ia membuat perjanjian dengan Hela, jika Hela mau membantunya, ia pun akan membantu mencari Rodrigo. Mau tidak mau Hela pun menurut dan mereka melakukan petualangan bersama di mulai dari dalam hutan memasuki dunia lama yang selama ini tidak musnah seperti yang dipikirnya.

Bersama Jasy, Hela menemukan sesuatu yang berbeda tentang pelabelan Jasy selama ini. Mitos monster yang ditakuti selama ini ternyata salah. Hela yang awalnya yakin bahwa Jasy memiliki topeng monster yang jahat, tapi ternyata tidak terbukti. Begitu juga dengan Jasy, anggapan bahwa manusia di luar sana jahat dan arogan ternyata juga tidak semuanya seperti itu.

Jasy & Hela
@cibeles_art

Anggapan yang salah dari keduanya menimbulkan rasa simpatik satu sama lain dan who knows Jasy yang sedikit sombong, jadi punya 'rasa' sama Hela, walau ia sendiri tetap menyangkalnya , ihirr.. Jadi semangat ya kan bacanya ada unsur romantis gini hehe :)

Gaes, walau komik webtoon When Jasy Whistles ini baru ada versi inggrisnya saja, tapi bahasanya cukup asyik koq buat dipahami. Yah, sambil baca komik, sambil belajar bahasa inggris gitu hehehe. Cerita di webtoonnya sendiri bergenre Fantasy, semi aksi dan ada romantisnya juga, pokoknya cakep deh.

Cerita When Jasy Whistles karya Cibeles yang sebelumnya ngetop lewat komik Ellin's SolHwa ini telah selesai untuk season pertamanya. Kemudian ceritanya akan dilanjutkan lagi untuk season kedua di akhir bulan September ini. 

Aku sih berharap ceritanya juga masuk webtoon Indonesia juga, biar ceritanya lebih bervariasi. Jadi gak hanya tentang webtoon bertema korea aja, ya gaes ya, gimana setuju gak? :)


When Jasy Whistles

Author : Cibeles

Genre : Fantasy

Season 1 Ended - 46 Episode

Season 2 - End of September 2022

Where to read : Webtoon English version


Yanie aja

Blog tentang Hobi dan Favoritku. Hobi tentang canva, clay, craft, drama, webtoon dan lain-lainnya. Kerjasama Content Placement/ Sponsor Post : blogiidyanie@gmail.com

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama