$results={3}

5 Ide Kerajinan Tangan Untuk Pemula Dan Cara Memulainya

5 Ide Kerajinan Tangan Untuk Pemula Dan Cara Memulainya

Pic : pexels.com

Hobi kerajinan tangan, menjadi salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk menambah penghasilan. Ini semua dikarenakan semakin meningkatnya kebutuhan hidup, dan sulitnya mempertahankan pekerjaan di masa pandemi. Sehingga mau tak mau harus mencari solusi terbaik untuk tetap berpenghasilan, agar kondisi keuangan tidak semakin terpuruk.

Meskipun hobi kerajinan tangan bisa menjadi solusi untuk mendatangkan uang, namun faktanya banyak yang belum memahami bagaimana cara memulainya. Termasuk ide kerajinan apa saja yang berpotensi besar mendatangkan pemasukan.

5 Ide Hobi Kerajinan Tangan Bagi Pemula Yang Dapat Mendatangkan Penghasilan

Ada beragam hobi kerajinan tangan yang selain memberikan kesenangan, juga berpotensi mendatangkan penghasilan.

Rajutan 

Jika Anda bersifat penyabar, jeli dan telaten, maka Anda dapat mencoba hobi kerajinan tangan seperti merajut. Kerajinan yang bermodalkan benang dan jarum rajut ini, dapat dibentuk menjadi produk bermanfaat seperti tas, dompet, alas meja, bahkan pakaian. Harga jualnya pun berbanding lurus dengan tingkat kesulitan saat membuatnya. Sehingga jika Anda tekun dan mampu menghasilkan produk rajutan berkualitas, maka pastinya mudah mendapatkan penghasilan dari merajut ini. 

Clay

Kerajinan tangan clay masih digemari hingga saat ini mengingat banyak kolektor clay dari berbagai jenis dan bentuknya. Ragam jenis clay tersebut antara lain paper clay, polymer clay, clay tepung, clay jepang, clay malam dan masih banyak lagi.

Bahan clay banyak tersedia di e-commerce dari berbagai macam merek dan harga terjangkau. Tentunya ini bisa jadi ladang buat kamu untuk menyalurkan bakat membuat clay sesuai keinginan dan bisa bernilai tinggi kalau kamu membuatnya dengan nilai seni juga totalitas yang tinggi.

Lukisan

Bagi penyuka seni lukis, maka Anda dapat mencoba menekuninya dengan serius, hingga menghasilkan lukisan bernilai seni tinggi. Anda dapat menentukan apakah melukis karikatur, kartun dan jenis lukisan lain, untuk dijadikan sebagai hobi yang menghasilkan uang. Anda pun dapat mengikutsertakan lukisan ke ajang pameran, yang dapat membuka peluang lebih lebar lagi untuk mendapatkan penghasilan. 

Kerajinan Peralatan Rumah Tangga Dari Barang Bekas

Barang yang sudah tidak terpakai, dapat pula Anda kreasikan kembali menjadi produk bermanfaat sekaligus menambah penghasilan. Seperti botol bekas yang dapat dikreasikan menjadi tempat pensil. Tentunya selain meminimalisir timbunan sampah, Anda pun bisa berpenghasilan dari kreasi barang bekas yang berhasil terjual.

Perhiasan

Untuk penyuka perhiasan, maka Anda dapat mencoba membuat perhiasan dari berbagai pernak-pernik. Sama halnya dengan hobi merajut, maka kerajinan tangan perhiasan ini juga dapat menghasilkan keuntungan, terlebih jika hasil karya tersebut unik dan menarik. 

Kerajinan Hantaran Pernikahan

Banyaknya ragam hantaran pernikahan, juga membuka peluang untuk berpenghasilan dari hobi kerajinan tangan. Barang hantaran pernikahan jika diatur menarik dan dihias dengan indah, akan memberikan kepuasan kepada pasangan yang baru menikah. Sehingga bukan tidak mungkin, jika hobi membuat hantaran pernikahan ini bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Cara Memulai Dan Mengembangkan Hobi Kerajinan Tangan

Setelah mengetahui apa saja hobi kerajinan tangan yang dapat dilakukan, dan berpotensi menghasilkan, yuk cari tahu bagaimana cara memulai, menjalankan dan mengembangkannya. 

Penelitian Pasar Dan Pesaing

Pertama kali Anda harus melakukan penelitian pasar. Seperti apakah kerajinan tangan yang Anda buat saat ini banyak dibutuhkan, ataukah besarkah peluangnya di kalangan masyarakat. Anda juga harus melakukan riset harga dan pesaing dari produk Anda. 

Modal

Ada beberapa kerajinan tangan yang tak membutuhkan modal karena terbuat dari barang bekas. Namun ada pula yang harus mengeluarkan modal. Seperti modal membuat ruangan untuk Anda menyelesaikan kerajinan. Terlebih jika Anda sudah berniat untuk serius menggelutinya, maka pastinya diikuti oleh seberapa besar modal yang harus dikeluarkan

Miliki Ciri Khas

Hasil karya dari hobi kerajinan tangan Anda, haruslah memiliki ciri khas sendiri sehingga mudah dikenali oleh orang banyak. Katakan seperti ciri khas pada label, adanya bonus tambahan, atau penamaan unik pada produk kerajinan tangan.

Cara Pemasaran 

Anda pun harus berpikir tentang bagaimana cara memasarkan produk kerajinan tersebut. Apakah secara offline seperti ikut serta dalam pameran, ataukah dengan cara online melalui media sosial. Produk berkualitas dengan cara pemasaran yang cerdas, berpeluang lebih besar untuk mendatangkan penghasilan.

Pengaturan Keuangan 

Yang tak kalah penting adalah pengaturan keuangan. Anda harus mencatat modal awal, hasil penjualan dan berapa keuntungannya. Dimana pencatatan tersebut haruslah jelas, agar lebih mudah mengevaluasi hasil penjualan. Jika catatan keuangan tersebut tidak dicatat dengan baik, maka Anda tidak akan dapat mengetahui berapa keuntungan, dari hasil berjualan produk kerajinan tangan tersebut.

Masih banyak lagi ide kerajinan tangan bagi pemula, yang dapat Anda pilih untuk mendatangkan pemasukan. Asalkan menekuni hobi kerajinan tangan ini dengan serius, maka sudah tentu Anda akan semakin mudah menambah pundi-pundi pemasukan. Selamat mencoba!


Sumber :

https://www.jurnal.id/id/blog/tips-memulai-usaha-handicraft-dengan-bermodalkan-kreatifitas/

https://rajinlah.id/1319-peluang-kerajinan-tangan-untuk-bisnis/

https://koinworks.com/blog/bisnis-kerajinan-tangan/

https://majoo.id/blog/detail/inilah-kerajinan-tangan-yang-bisa-menjadi-peluang-usaha


 


1 komentar

  1. seneng kalau liat orang yang kreatif banget, bisa memanfaatkan bahan bahan sederhana di sekitarnya untuk dijadikan sesuatu yang bernilai
    kayak tas rotan bundar, sekarang jadi trend juga

    BalasHapus