$results={3}

Check! Cemilan Jepang ini Jadi Inspirasi dalam Anime

 

Cemilan dari Jepang inspirasi dalam anime

Saat menonton anime, kadang aku tertarik sama cemilan atau makanan jepang yang disajikan dalam anime tersebut. Kayaknya enak ya buat dicoba, eh maksudnya dibuat. Secara kadang aku melihat koq cara buatnya mudah ya, atau mungkin memang dipilih makanan yang mudah dibuat agar bisa dicoba oleh penonton setia Anime tersebut.

Makanan dalam anime biasanya memang dibuat semenarik mungkin berdasarkan tema cerita tersebut. Alasan lainnya, makanan tersebut diangkat dalam cerita karena merupakan makanan yang mengingatkan masa lalu atau makanan favorit yang membahagiakan si tokoh dalam Anime itu.

5 Cemilan Jepang Inspirasi dari Anime

Berikut ini ada 5 ragam cemilan jepang beserta resepnya yang saya dapat dari sumber aslinya. Mulai dari makanan manis sebagai hidangan pencuci mulut dan makanan savoury yang bisa dijadikan cemilan saat menonton anime favorit kamu. 

Oshiruko dari Anime One Piece

Oshiruko sup kacang merah anime one piece
Pic : sylviawakana.com

Serial Anime One Piece yang saat ini sudah mencapai episode 1000-an lumayan sering banget menghadirkan resep makanan yang unik-unik. Apalagi kalau sudah Sanji yang masak, makanannya terkadang unik, terkadang bener, terkadang nyeleneh.

Tapi aku gak bahas makanan si Sanji sih sekarang. Tapi ada menu yang bikin aku penasaran bikin karena kayaknya mudah untuk dicoba. Namanya Oshiruko, yaitu sup kacang merah manis (sweet azuki beans) dengan dango di atasnya. Banyak yang tertarik sama Oshiruko ini habis melihat mba Otama menikmati hidangan dengan air mata bahagia hingga Big Mom dengan jadi pengen mengejarnya (episode 900).

Oshiruko yang mirip seperti bubur ini bentuknya memang mirip seperti bubur ketan hitam menurutku, dihiasi dengan kue mochi lembut di atasnya. Bahannya ternyata cukup sederhana dan memasaknya apalagi. Cukup bayangkan saja kalau kamu sedang bikin bubur ketan hitam, kacang hijau atau bubur jagung. 

Cara membuatnya :

Resep Oshiruko pada dasarnya menggunakan pasta kacang merah agar sup/bubur tidak terlalu lama dimasak. Atau kamu juga bisa merebusnya kacang merah kering yang sudah direndam semalaman dan rebus dalam waktu 1-2 jam. Jangan lupa tambahkan gula dan sejumput garam agar rasanya jadi lebih enak. Kemudian blender lagi agar kacang merah menjadi lembut seperti pasta. 

Sedang untuk kue mochinya, kamu bisa buat sendiri dari tepung ketan yang dibentuk bulat seperti cenil. atau kalau gak mau ribet cukup dengan membeli kue mochi yang ada di supermarket aja. Selamat mencoba ya!

Fluffy Cheese Cake dari Anime My Love Story!!

Pic : gochuzhe.com

Kue cheese cake ini memang sekarang lagi ngetop sebagai jajanan kue ter-unyu. Gimana tidak, soalnya kuenya empuk dan bisa geol-geol lucu. Biasanya aku liat kue cheese cake fluffy ini suka disajikan di cafe, seperti di cafe Blok M yang unik-unik itu.

Waktu aku liat kue cheese cake nya yang dibuat oleh tokoh utama cewek Rinko Yamato untuk pacarnya Gouda seperti nya sih mudah. 

Cara membuatnya :

Adonan kuning telur dan mentega dikocok terpisah , sedang adonan dari putih telur dikocok secara meringue terlebih dahulu, baru digabung dengan adonan keju dan kemudian dipanggang. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue cheese cake ini antara lain : krim keju, telur, susu, tepung terigu, tepung jagung dan gula. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa lihat resepnya di sini ya.

Potato Mochi dari Anime Kimetsu no Yaiba (Demon Slayer)

Potato mochi inspirasi dari anime kimetsu no yaiba demon slayer
Pic : banyumasterkini.com

Satu lagi cemilan manis yang gak boleh dilewatkan nih buat kamu  pecinta anime. Cemilan bernama Potato moch dari anime yang ngetop dengan nama Demon Slayer ini terbuat dari kentang dan tepung maizena, kemudian disiram dengan saus kaya rasa dan di atasnya ditempel nori, terakhir adonan ditusuk seperti sate.

Rasa dari Potato mochi ini merupakan percampuran asin dan manis. Asin dari rasa kentang, kecap asin dan nori nya. Sedang rasa manis dari rasa mirin nya. Namun karena mirin ini haram, maka kamu bisa menggantinya dengan menggunakan sirup gula, madu atau cuka beras yang halal dari merek Kikkoman

Bahan yang perlu kamu siapkan antara lain : kentang, tepung maizena, susu, keju (opsional), sirup gula dan kecap sebagai olesan kentang.

Cara membuatnya yaitu :

Rebus kentang sampai empuk, kemudian haluskan dan campurkan tepung maizena serta susu. Bentuk adonan tersebut sesuai selera, bisa diisi dengan keju biasa atau keju mozarella. Goreng kentang yang sudah dibentuk sampai kecoklatan ya. Terus masak saus yang terdiri atas kecap asin, gula dan mirin halal (atau bisa juga madu). Siram saus di atas kentang yang sudah dibentuk dan tempelkan nori. Yess! Potato mochi siap disajikan.

Potato Salad dari Anime Wakako Zake

Potato salad inspirasi dari anime Wakako Zako
Pic : onionchoppingninja.com

Potato salad dari anime Wakako Zake ini bisa jadi inspirasi kamu buat nyemil sehat lho. Jadi kamu bisa menikmati salad ini sebagai sayur dan sekaligus pengganti nasi pas mau diet hihihi.. Si mba Wakako ini memang suka punya ide untuk masak yang terinspirasi dari hobi dia yang suka eksplor makanan enak di setiap resto.

Secara visual potato salad ini memang cantik banget, sampe aku tertarik untuk mencoba bikin salad kentang di rumah. Bahan-bahannya pun sepertinya mudah didapat lho.

Pertama siapkan 2-3 buah kentang ukuran sedang, ½ bawang bombay, daun bawang, timun (opsional), 1 buah telur, daging asap atau sosis, mayones dan lada hitam (opsional)

Cara membuatnya yaitu :

Rebus atau kukus kentang sampai empuk, hancurkan. Rebus juga telur setelahnya, hancurkan. Iris dadu kecil bawang bombay, begitu juga dengan daging asap atau sosisnya, potong dadu. Bila suka iris juga daun bawang untuk menambah warna salad kentangnya. Terakhir aduk semuanya dengan mayones dan taburan lada. Cuss dicoba!

Beef Croquette Sandwich dari Anime Kimi no Nawa

Beef croquette sandwich dari anime kimi no nawa
Pic : IG @naufaltannaz

Anime besutan Shinkai Makoto yang juga menulis novel Weathering with you ini, juga menampilkan salah satu makanan enak buat dijadikan cemilan. Yang menarik perhatian adalah saat sang tokoh utama makan sandwich yang isinya 2 piece beef croquette yang pastinya ngenyangin banget.

Beef croquette sendiri merupakan kroket kentang yang isinya daging sapi. Tentu saja untuk membuat beef croquette sandwich ini menurutku cukup mudah. Buat kroket kentangnya terlebih dahulu. Bahan-bahannya yaitu : kentang, daging giling bawang bombay, susu, telur, tepung terigu dan tepung roti untuk celupan. Sedang untuk bahan sandwich nya, siapkan 2 lembar roti, telur rebus, selada dan mayonaise

Cara membuatnya yaitu :

Rebus kentang sampai empuk dan hancurkan. Tumis bawang bombay, campurkan daging giling dan susu (opsional), tambahkan bumbu merica dan garam. Lalu aduk sampai airnya susut. Setelah itu bentuk kentang dengan daging tumis. Balurkan kentang dengan tepung terigu, celupkan dalam kocokan telur dan balurkan kembali dalam tepung roti. Lalu goreng sampai matang.

Untuk membuat sandwich nya, hancurkan telur rebus, lalu campurkan mayonaise dan sedikit garam. Oles telur yang sudah dicampur mayonaise tersebut dalam 2 lembar roti. Letakkan kroket kentang dan sayur selada di atas roti. Voila! Sandwich dengan isian kroket daging siap disantap!

Hmm..ternyata sesuka itu aku sama cemilan berbahan kentang ya, hampir semua pilihan kentang semua hehehe...kalau kamu gimana? Suka juga gak dengan cemilan ala Jepang ini? Jangan lupa makan cemilannya sambil nonton anime atau dorama yang kamu sukai ya :)


Sumber :

banyumasterkini.com

onionchoppingninja.tumblr.com



1 komentar

  1. pengen banget cobain Potato Mochi , keliatan enak banget :D

    BalasHapus