$results={3}

Drama Mata Kering Saat Nonton Drama Favorit

Keseharian aku selalu berhubungan dengan smartphone. Mulai dari kirim pesan whats app, mengerjakan tugas deadline, scrolling sosmed sampai dengan nonton drama favorit juga aku lakukan dengan smartphone. Bukannya apa, aku lebih menyukai memakai smartphone karena penggunaannya lebih simpel, sat set sat set gitu.

Suatu hari aq sedang asyik nonton drama korea di hp. Drama tersebut rupanya diangkat dari webtoon manhwa kerajaan korea yang sedang viral. Karena terus penasaran dengan ceritanya, jadinya aku maraton nonton deh. Tapi entah mengapa mataku koq lama-lama terasa mata sepet setelah menatap layar smartphone berjam-jam. Hingga tak sadar jadi kucek mata hingga berkali-kali. Terus liat cermin mataku jadi merah, huaaaaa! Mataku sendiri takut liatnya, gimana mata orang lain ya?

Haduh, bahaya nih! Langsung deh nonton drama ku stop dahulu.

Uring-uringan deh kalau sudah begini. Aku takut mataku jadi kenapa-kenapa. “Salah sendiri siapa suruh nonton di hp sambil rebahan dengan cahaya yang remang-remang”, rutukku dengan nada menyesal. Sambil mencari obat mata untuk memulihkan mata yang sepet ini, aku pun mencoba mencari jawabannya di Google.

Drama Mata Kering Karena Keseringan Nonton, Mungkin kah?

Drama mata kering saat nonton drama favorit
Dokpri

Mata kering akibat keseringan nonton?

Benarkah demikian? Setelah mencari jawabannya di mesin pencari sejuta umat ini, begini jawaban yang kudapat.

Gejala mata kering

Dilansir dari situs kesehatan online, mata kering adalah kondisi di mana mata tidak mampu mengeluarkan air mata dengan baik atau pada saat mata seharusnya bekerja untuk melumasi mata. Oleh karenanya banyak hal yang dirasakan mata saat terjadi dan tentu saja dapat mempengaruhi kualitas mata. 

Berbagai gejala mata kering dapat langsung dirasakan oleh mata seperti adanya sensasi panas, mata lebih sensitif terhadap cahaya. Lalu juga terasa mata pegel, mata lelah, mata perih, mata sepet, mata juga memerah dan utamanya mata kering.

Bahaya mata kering

Stop kucek mata
Pic : Freepik.com

Mata kering ini bahaya juga kalau terus diabaikan, kucek mata karena mata yang kering dapat menyebabkan peradangan pada mata. Selain itu juga timbul nyeri, bisa jadi juga timbul bisul atau pun dapat menyebabkan bekas luka di area kornea mata. Pada kasus tertentu bahaya dari mata kering dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan sebagian, namun hal ini jarang terjadi. Duh deg-degan jadinya yaa..

Penyebab mata kering

Ternyata banyak lho yang menyebabkan mata kering ini. Bukan salah satu faktor saja. Bisa jadi karena akumulasi dari beberapa hal sehingga mata kering dapat terjadi pada mata kita. Kita?? Ya, aku dan kamu maksudnya, hehehe..

Penyebabnya antara lain :

Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, tak hanya kualitas penglihatan yang menurun, produksi air mata juga menurun. Kelopak mata juga kurang sensitif meratakan air mata yang ada di seluruh permukaan mata

Kondisi penyakit

Penyakit yang diderita, ada yang menyebabkan mata menjadi mudah kering. Contohnya penyakit diabetes, gangguan tiroid, bell’s palsy, lupus, sindrom sjogren sampai kekurangan vitamin A pun bisa mengalaminya.

Aktivitas sehari-hari

Ternyata aktivitas sehari-hari yang membutuhkan konsentrasi kinerja mata yang tinggi seperti mengetik di laptop, membuat lapisan air mata menguap, ini karena mata jarang berkedip. Pantesan saja mata ku kering habis nonton drakor menatap layar di smartphone, terjawab sudah rasa penasaranku. Faktor lain yang menyebabkan mata kering bisa karena debu, asap, matahari dan cuaca kering.

Perubahan hormon

Pada wanita khususnya ibu hamil, perubahan hormon dapat menyebabkan mata kering. Ini karena menurunnya hormon androgen bahkan setelah melahirkan dan menyusui. Mata kering juga membuat mata ibu hamil menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Konsumsi obat-obatan

Efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan mata kering. Seperti penggunaan obat dari obat hipertensi, obat penyakit Parkinson, obat antidepresan, obat jerawat, dan juga yang mengandung dekongestan.

Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering yang Tepat

Insto dry eyes atasi gejala mata kering saat nonton drama
Dokpri

Sekarang gak perlu bingung dan panik lagi deh kalau sudah kena gejala mata kering ini. Karena #SolusiMataKering ya gunakan saja Insto Dry Eyes. Tinggal beli di apotek atau minimarket terdekat, karena selalu ada stoknya dengan harga yang terjangkau. Bagi kamu pengguna gadget seperti smartphone atau laptop wajib banget sedia #InstoDryEyes di rumah. 

Memakai insto dry eyes untuk atasi gejala mata kering
Dokpri

Manfaat Insto Dry Eyes untuk mata kering adalah dapat mengatasi gejala mata kering yang tiba-tiba melanda. Yaitu memberikan efek pelumas seperti air mata dan meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Mengandung di dalamnya Hydroxypropyl methylcellulose yang aman untuk mata dan memberikan rasa sejuk di mata saat dipakai.

Kesimpulan

Mata sepet dan pegel karena keseringan nonton dorama atau drakor? Jangan dikucek dong ah, segera cari solusinya dengan menggunakan obat tetes mata seperti Insto Dry Eyes. Kalau sakit mata berlanjut jangan dibiarkan karena bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. Segera hubungi dokter mata terdekat bila sakit mata berlanjut. Sayangi mata mu ya teman, karena mata adalah jendela dunia :)

Referensi :

- alosehat.com

- hellosehat.com

2 komentar

  1. Harus sayangi mata kita ya kak, pas mata sakit rasanya tu gak enak banget dan aktifitas pun gak nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beneran gak nyaman deh, padahal aku suka nonton drakor dalam gelap :'(

      Hapus