$results={3}

Ragam Permainan Jadul yang Seru dimainkan Bersama

Halo gaes,

Bagi kamu yang kelahiran tahun 80'an pasti lengket dengan istilah jadul kan. Jadul itu kalau bahasa kerennya Old School. Segala yang berbau jadul, entah mengapa menjadi hobi dan favorit yang unik menurut aku. Seperti koleksi komik jadul, suka dengar lagu jadul bahkan suka dengan permainan jadul yang sampai sekarang membuat aku rindu.

Ngomongin permainan jadul, ada banyak permainan yang populer di setiap zamannya yang seru dimainkan bersama. Mulai dari permainan di dalam maupun di luar ruangan. Permainan menjadi alat komunikasi bagi anak dan remaja bersama teman seusianya dengan pengalaman seru dan menyenangkan. 

Tidak jarang jenis permainan ini bisa meningkatkan kemampuan interaksi sosial kepada mereka. Ada 5 permainan pada anak dan remaja yang popular di tahun 80-an dengan gaya yang masih tradisional tapi tetap menyenangkan dicoba hingga saat ini.

Permainan Jadul alias zaman dulu yang asik dimainkan bersama

Ragam permainan jadul yang seru untuk dimainkan bersama

Mencoba permainan di tahun 80-an bisa membuat rasa rindu bersama teman masa kecil yang sering bersama saat itu. Tetapi kerinduan tersebut bisa diatasi dengan bermain kembali bersama orang-orang terdekat dan memperkenalkannya pada generasi saat ini. Sehingga permainan di tahun 80-an tidak akan hilang dan dilupakan.

Petak umpet

Permainan petak umpet tidak asing didengar pada telinga masyarakat Indonesia dari anak-anak hingga dewasa pernah mencoba keseruan mainan ini. Petak umpet dimainkan dengan cara satu orang berjaga dengan menghadap belakang dinding atau pohon dan menutup matanya. Setelah itu menghitung hingga angka 10. 

Para pemain lainnya akan berusaha mencari tempat sembunyi agar tidak ditemukan oleh penjaga. Permainan petak umpet harus dilakukan di ruang ruangan dan bisa mengajak banyak orang untuk menikmati keseruannya. 

Gatrik

Permainan tradisional dan jadul gatrik dari jawa barat
Pic : Kemdikbud

Permainan gatrik yang berasal dari daerah sunda atau bisa disebut dengan patok lele kalau di jawa tengah ini sering dimainkan anak-anak dan remaja di lapangan yang luas. Bahan yang diperlukan pada permainan anak ini berupa dua bambu atau kayu dengan ukuran panjang dan pendek. Permainan ini hanya seru dimainkan bersama bila jumlahnya lebih dari 4 orang.

Cara permainan ini dengan membuat bolongan kecil di tanah seukuran kayu kecil atau dibatasi dengan 2 buah batu bata, lalu kayu panjang digunakan untuk tim pelempar untuk melemparkan kayu kecil/bambu tersebut sampai nantinya ditangkap sama tim lawan yang juga menangkisnya memakai alat yang sama.

Pecah piring

Tidak tau juga sih, kenapa namanya jadi pecah piring, yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa inggris pasti dikira main lempar piring sampai pecah wkwk. Pecah piring bisa menjadi mainan jadul yang masih dilakukan hingga saat ini. Alat yang digunakan bisa dari tumpukan batu dan bola untuk melempar. Permainan ini bisa dilakukan dengan cara membagi dua kelompok. Penentuannya dengan suit yang menang akan menghancurkan tumpukan batu dan yang kalah akan menjadi penjaga. 

Dalam permainan ini dibutuhkan tempat yang luas dan bisa dimainkan oleh laki-laki atau perempuan. Mencoba permainan yang popular di tahun 80-an sangat menyenangkan dilakukan dengan banyak orang. Bahkan permainan tersebut masih dilakukan oleh anak-anak hingga saat ini karena tidak memerlukan biaya yang banyak dan hanya memerlukan lapangan yang luas untuk berlari.

Tepok nyamuk

Permainan kartu jadul yang seru tepok nyamuk
Pic : Benablog

Permainan ini cocok dimainkan dengan anggota lebih dari 2 orang. Dengan menggunakan kartu remi sebagai alat untuk bermain dan cukup populer di kalangan remaja dan dewasa. Tujuannya adalah melatih fokus pada kata yang diucapkan ketika kartu dikeluarkan dari tangan. 

Cara bermainnya cukup mudah lho, saat kata yang diucapkan sama dengan nama kartu, seluruh pemain harus menepuk tangan di atas kartu tersebut. Misalnya pemain membuang kartu dengan menyebut 5 dengan mengeluarkan kartu 5 hati, maka seluruh pemain harus menepok / tepuk kartu tersebut. 

Pemain yang paling terakhir menepok kartu harus mengambil kartu yang telah dibuang. Pemain yang kalah biasanya sih dikasi hukuman yang unik berdasarkan kesepakatan, tapi ingat hukumannya hanya untuk lucu-lucuan aja ya.

3 Permainan Game Online seru yang mudah dimainkan

Gaes, selagi pandemi sekarang ini kan lebih baik untuk tidak sering berkumpul. Apalagi lagi bagi yang gak sempat mudik, pasti kebosanan melanda. Jadi aku punya alternatif permainan buat atasi bosan selama di rumah aja daripada gak bisa main di lapangan, ya mending di rumah aja deh.

Kalau gak sama temen nongkrong, ajak mabar (main bareng) aja anggota keluarga yaitu dengan bermain game online. Game online yang ini gak perlu capek-capek kamu unduh lho, karena kamu bisa memainkannya cukup dengan klik websitenya dan gak bikin kuota internet kamu kembang kempis koq. Ini dia ragam permainannya :

1. Troy Solitaire Card Game Online

permainan solitaire klasik Troy mudan dimainkan

Suka main kartu remi seperti Tepok Nyamuk yang saya jelaskan tadi kan? Kamu gak perlu capek-capek mikir keras jalan permainan kartunya, karena percayalah game Troy Card yang ada di kategori Solitaire ini cukup mudah buat dimainkan, bahkan level pemula sekalipun. 

Permainan Troy Solitaire Card yang masih satu bagian dari Solitaire classic ini cara mainnya tidak terlalu sulit. Kamu hanya diminta untuk mencocokkan dua jenis kartu yang berbeda lambang tapi sama jumlahnya atau simbolnya. Seperti kartu sekop berjumlah 7 dicocokkan dengan kartu wajik 7. Kalau kamu bisa mendapatkan kartu joker sampai 4 kali, kamu bisa memenangkan permainan ini dan pindah ke level selanjutnya dengan total 100 level.

2. Treasure of Atlantis Match 3 Game Online

permainan treasure of atlantis match 3 di solitaire.org

Permainan yang berada di kategori Match 3 games ini, cukup mudah untuk dimainkan. Hanya saja gamenya menggunakan waktu. Oleh karenanya ajak teman untuk bermain agar tidak kehabisan waktu ya. Cara bermainnya kamu cukup menggeser 2 benda yang sama menjadi 3 atau lebih secara horizontal ataupun vertikal.

Tujuan dari permainan Treasure of Atlantis ini adalah untuk mendapatkan potongan gambar atau peta yang ada di ujung permainan dengan cara menggeser dan mencocokkan. Serunya dari permainan ini adalah karena dibatasi waktu, jadi sih lebih enak tuh mainnya berdua atau lebih, agar temannya bisa memberi arahan gitu. Karena kalau kamu kalah di bagian level manapun, permainannya akan balik ke level awal.

3. Princess Hidden Objects Game Online

permainan hidden princess di solitaire.org

Permainan ini juga seru dimainkan bersama. Permainan ini berada di kategori Hidden object games. Temanya tentang seorang putri yang bermain di halaman istana. Di sekelilingnya terdapat gambar dan juga angka tersembunyi. Nah tugas kamu adalah menemukan gambar dan angka tersebut. Kelihatannya sih cukup mudah ya, tapi ternyata kalau gak pake strategi bakalan tamat deh gamenya hehehe

Dalam permainan Princess Hidden Objects ini terdapat 10 sepatu, 10 pita, 20 pedang, 25 mahkota, angka sampai 30 dan juga 30 bunga rose. Berhubung cuma dikasih 30 langkah (moves) , kamu harus benar-benar jeli menggunakan kesempatan ya. Caranya coba dari yang angka yang terendah dulu, baru lanjut di angka setelahnya. 

Tips biar bisa lolos memainkannya, ajak teman atau saudaramu untuk bermain. Lalu diskusikan langkah mana yang mau diambil lebih dulu jadinya kamu akan lebih bijak dalam memilih. Tips lainnya simpan dulu langkah memilih angka sampai 30 karena angka tersebut sangat mudah ditemukan :)

Penutup

Nah, bagaimana dengan permainan yang aku rekomendasikan ini? Cukup asyik kan bila bermain bersama teman atau saudara di rumah sambil mengisi kebosanan karena liburan gak bisa kemana-mana. Apalagi kamu lagi bosen baca komik atau nonton serial dorama dan drakor yang endingnya bisa ditebak wwkwk.. 

Permainan yang aku rekomendasikan ini ada di situs Solitaire.org lho gaes, berbagai permainan ada di sini dan cocok untuk remaja sampai dewasa. Mulai dari kategori Solitaire, Mahjong, Card games, Hidden Object games dan masih banyak lagi. Kamu juga gak perlu unduh apalagi bayar, karena semua permainan di dalamnya gratis, tis tis! Penasaran? cus langsung aja ke websitenya :)

Sumber gambar :

- Solitaire.org

- Benablog.com

- Kemdikbud.go.id

5 komentar

  1. Saya juga pernah nih mainkan tepok nyamuk ingat waktu masa sma dulu hehe, sekarang bermain online pun lebih mudah, gak perlu diunduh seperti solitaire.org ini

    BalasHapus
  2. Kalo game tradisional itu biasanya di beberapa tempat di Indonesia ada yang sama tapi namanya beda2 .. nah kalo game online kayak Solitaire, semua pada paham ya soalnya sudah lama banget. Sekarang malah macam2 variannya.

    BalasHapus
  3. Aku suka main pecah piring kak.

    Kurang nih, harusnya ada engklek dan sambarlang.

    Kalo untuk permainan dan game online, Solitaire jadi jagoan bagi gamer.
    Seru soalnya

    BalasHapus
  4. Dulu waktu kecil paling sering main petak umpet. Hal yang belum pernah yaitu gatrik 😄 beneran gak tauuu. Kl skrg sih mainnya pada pakai gawai ya. Asik juga nih permainan-permainan di solitaire.

    BalasHapus
  5. Ya ampun, saya sebagai kelahiran 80an merasa seperti kembali ke masa lalu apalagi kalau inget dulu pas kecil sukanya main petak umpet. Kalau skrng sudah ada games online jadi interaksi dengan teman sebaya berkurang ya kelihatannya

    BalasHapus