$results={3}

3 Manhwa Romantis bertema Kerajaan

Manhwa komik korea cerita romantis tentang kerajaan

Akhir-akhir ini aku jadi suka baca manganya orang korea atau sebutnya Manhwa. Sama halnya dengan Manhua nya orang cina yang juga punya banyak keunikan seputar cerita romantis dengan setting kerajaan zaman dahulu kala seperti yang pernah aku bahas di post sebelumnya yaitu Manhua (komik cina) My Boyfriend is a Jinyiwei

Di cerita Manhwa (komik korea) pun banyak keunikannya. Mulai dari pakaian tradisionalnya,  pakaian kerajaannya, cara bertutur sapa, cara bersikap, makanannya, bangunan rumahnya, dan masih banyak lagi. 

Rata-rata cerita tentang Manhwa ini pastinya berawal dari perjalanan lintas waktu atau time travel atau Isekai istilahnya kalau tema Webtoon tuh. Seseorang yang awalnya berada di dunia moderen lalu tiba-tiba berada di dunia lampau dengan bersetting kerajaan atau semacamnya. 

Tetapi ada juga sih ceritanya yang tetap dalam kehidupan lampau tidak perlu pakai "time travel" segala. Tapi apapun itu, kalau cerita dikemas dengan menarik, tentu tidak masalah ya kan? Pastinya sih jadi unik karena imajinasi penulis yang luar biasa yang mungkin ingin kita juga ikut masuk ke dunia lampau tersebut.

Setelah banyak baca komik korea atau manhwa, ada 3 judul yang buat aku itu menarik banget. Semua paket lengkap deh, mulai dari ilustrasinya yang memang cakep, detil pakaiannya yang menarik, settingannya yang  keren dan jalan ceritanya yang sempurna. 

Kalau semua dipadukan tentu kita merasa asyik buat membacanya kan? Sampai ingin tahu kelanjutannya setiap hari hingga episod tersebut berakhir. Kalaupun ada season selanjutnya pun pembaca juga pasti sangat menantikannya, walaupun harus menunggu hingga berbulan-bulan.

3 Manhwa terbaik versi YanieHobi 

1. Ellin's Solhwa 

Komik romantis versi kerajaan manhwa komik korea ellin solhwa
Pinterest

Bercerita tentang kehidupan Ellin, seorang gadis yang tampangnya biasa saja, miskin, tidak punya keluarga, tidak punya teman dan bahkan tidak punya pacar sampai menginjak umur 26 tahun. 

Hingga suatu ketika saat melayani pembeli gila di supermarket marahnya meledak sampai ke ubun-ubun dan ia pun pingsan. Saat bangun, ia sudah berada di zaman lampau, memakai baju tradisional korea, berpenampilan cantik dan menjadi calon selir untuk raja.

Manhwa ellin solhwa kiha dan ellin love

Kisah percintaannya pun seketika rumit, di kehidupan sebelumnya ia tidak memiliki pacar, tapi di masa lampau ia mempunyai seorang kekasih yang mendorongnya untuk menjadi selir demi untuk menyelamatkan negaranya. Hingga ia pun terlibat cinta segitiga dengan penasehat raja, advisor Kiha yang mencintainya dengan tulus. 

Seketika ia pun menjadi nyaman hidup di zaman lampau di mana sesuatu yang gak pernah ia dapatkan tapi dengan mudah didapatkan saat akan menjadi selir. Cerita romantis pada second leadnya pun menarik perhatian, di mana sang raja memiliki saudara kembar yang juga seorang teman dekatnya penasihat Kiha dan terlibat cinta dengan kandidat selir raja. Pakaian yang indah, makanan yang enak dan mempunyai dayang yang melayaninya setiap saat.

Overall suka dengan jalan ceritanya gak bertele-tele, singkat dan padat. Ilustrasi yang di gambarkan begitu manis dan imajinatif. Di sini pembaca terkadang mendapatkan fan service dari adegan-adegan yang romantis. Sayangnya untuk mengakses situs komik aslinya tidak mudah karena masih dibanned dari indonesia.

Jadinya hanya bisa mengaksesnya melalui situs penyedia scans gratisan macam 1stkissmanga.com. Saat ini cerita Ellin's Solhwa sudah memasuki season kedua. Pastinya akan lebih menarik karena ada karakter development dari season sebelumnya. 

Oiya gaes, author Cibeles ini punya karya lain yang gak kalah bagusnya, yaitu When Jasy Whistles, kamu bisa melihat reviewnya di blogku yah :)

Ellin's Solhwa 

Author : Cibeles

Season 1  : 39 chapter 

Season 2 : chapter 40 - 52 

Baca di : Lezhin comics atau 1stkiss.com


2. Aku..Ratu?! ( What Kind of Empress is this? )

manhwa komik korea aku ratu what kind of empress is this cerita romantis isekai webtoon
Pinterest

Bercerita tentang kehidupan Yerom Jin, pegawai customer service Jungle Shopping Mall. Yerom Jin kesehariannya bekerja dari pagi sampai sore hanya untuk mengurusi keluhan pelanggan. Semua dilakukannya dengan baik agar ia tetap mendapatkan pegawai teladan setiap bulannya. 

Suatu hari ada penelepon misterius yang mengajukan komplen tentang air, hingga Yerom Jin terpaksa untuk mendatangi rumah si penelepon misterius itu. Alasan ia melakukannya agar ia nampak sebagai pegawai yang berdedikasi tinggi yang mementingkan keluhan pelanggan Jungle Shopping Mall.

Namun sesampainya di sana, ia melihat keadaan sekeliling berubah menjadi desa. Anehnya lagi pakaian dan cara berbicara orang di sana seperti di zaman kerajaan. Benar saja setelah bertemu raja dan pasukannya ia pun menyadari bahwa ia telah melintasi ruang waktu / time travel. 

Yerom Jin terpaksa menerima takdirnya untuk terus berada di kerajaan dengan menjadi penasehat raja berkat kemampuannya untuk bernegosiasi, ilmu yang ia dapatkan saat bekerja menjasi customer service. Lambat laun hubungan raja - penasehat menjadi dekat. Yerom Jin sengaja melakukannya agar memiliki cara keluar dari sana dan kembali ke zaman moderen.

Ini manhwa pertama yang pernah aku baca dengan setting kerajaan. Pakaian yang indah dan karakter tokoh yang kuat. Namun episodenya terasa gantung sih menurutku, di saat mau habis ceritanya tokoh baru mulai 'panas' dan progres cerita terasa lambat.

 Season 1 sudah berakhir di bulan Mei 2020, sedangkan season 2 akan dilanjutkan di pertengahan tahun 2021, ini berarti harus menunggu setahun lamanya. Sabar-sabar aja ya :)

*) Update gaes Season 2 ternyata sudah ditayang tapi di bulan Februari tahun 2022 ini yaa!!

Judul lainnya : What Kind of Empress is This

Author : Peralta / Eunyoung

Season 1 : 42 chapter/episode (tamat)

Season 2 : Februari 2022

Ada di Webtoon

Baca juga : 3 Manhwa Romantis Kerajaan Joseon


3. The Forbidden Marriage

Bercerita tentang Ye Sorang, asistennya kakek Gaei si peramal dan mak comblang, Ye Sorang yang sudah tinggal bersamanya selama 7 tahun pun mencoba untuk menjadi peramal walaupun sebenarnya hanya menipu. 

Ketahuan kalau ia menipun akhirnya ditangkap pegawai keadilan kerajaan Lee Shimwon untuk dibawa ke penjara kerajaan. Di depan raja ia berpura-pura untuk menjadi arwah istri raja yang telah meninggal dan raja pun terperdaya oleh tipuannya.

Awalnya tak meyakinkan hingga perlahan akhirnya muncul benih-benih cinta dari sang raja yang membuka dirinya untuk Ye Sorang . Tapi kemunculan seseorang yang jahat di masa lalunya menghalanginya menjadi calonnya sang raja. 

Ye Sorang pun berencana untuk membalaskan dendam atas apa yang diperbuat kepadanya 7 tahun yang lalu. Ini manhwa kedua yang aku suka dengan setting kerajaan. Di cerita ini memang tidak ada time travelnya dan ini yang aku suka sebenarnya sih, karena tidak harus juga cerita zaman lampau itu di-mix dengan cerita masa moderen. 

Illustrasinya menurutku cakep banget, dan memang seharusnya antara penulis dan ilustratornya berbeda biar cerita lebih fokus. Karena terkadang aku liat kalau penulis sekaligus ilustrator malah bikin gambar gak fokus. 

Kadang baguslah alias simetris , kadang asimetris, yang ganteng jadi keliatan konyol kalau gambarnya gak simetris wkwk. Terus juga dari pakaiannya, latar belakang kerajaannya, dari cara bertutur, suka banget deh semuanya.

Seri ini sudah memasuki episod ke-81 di Naver Webtoon, sedangkan kalau webtoon Indonesia sendiri sudah memasuki episod ke-15. Kalau dicari di website lain yang ilegal mungkin bisa didapat terjemahan berbahasa inggris, biasanya website 1stkiss.com dan mangadex yang mengeluarkannya. 

Judul lainnya : Joseon's Ban on Marriage/ Joseon Marriage Ban/ Jin Hun Ling

Author : Chun Ji Hye/ Sanchaek

Baca di : Webtoon

4 komentar

  1. Yeay, diriku juga baca 2 judul di atas lo. Yaitu forbidden marriage dan aku ratu?! Saya suka ceritanya. Salah satu hobi saya juga ini baca komik, xixixi.

    BalasHapus
  2. Drakor sekarang ternyata berinovasi dengan cerita yang lebih imajinatif dan masa lampau, seperti kerajaan berikut pakaian tradisionalnya yang khas. Terima kasih ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau koreksi, sebenarnya sebelum ada drakornya berawal dari Manhwa (komik) dahulu, lalu kemudian diinterpretasikan dalam bentuk drama karena biasanya lebih disukai oleh semua kalangan :)

      Hapus