Pengalaman Ikut Kelas Gratis BRT Network

Halo..

Akhir-akhir aku mulai aktif kembali di blog ini, yah tentu saja menulis tentang hobi dan tontonan seperti dorama, dll. Tapi aku pun ingin membuat blogku ini menjadi naik kelas, dengan mengikuti kelas ngeblog gratis yang diadakan oleh BRT Network. 

Karena blogku ini sudah banyak sawangnya, spamscore pun jadi naik, salah satu caranya adalah dengan mengikuti kelas blogger tersebut. Mau tau lebih banyak tentang kelas gratis BRT Network? Oke saya ceritakan lebih jelas yaa..

Kelas Gratis BRT Network

Pengalaman ikut kelas gratis BRT Network dengan para coach blogger profesional

Kelas Gratis belajar ngeblog dari BRT Network ini sebenarnya sudah lama aku tunggu-tunggu, karena aku baru lolos untuk pertama kalinya setelah 3 kali mengisi formnya dari tahun 2020. Haha selama itu ya? iya selama itu, tapi yah gimana dong baru rezekinya sekarang bisa gabung di kelas yang keren ini, but it's better late than never, right?

Kelas Gratis BRT Network ini digawangi oleh para coach yang merupakan blogger profesional. Seperti Mba Monica Anggen dan Mas Punto Wicaksono yang merupakan pendiri BRT Network. Juga ada mas Priyo Harjiyono, Mba Marita Ningtyas, Mba Gilang, Mba Adriana Dian dan Mas Zen.

Mungkin ada yang bertanya, kenapa sih harus mengikuti kelas gratis BRT ini? kan blognya aku ini isinya biasa banget.

Mau tau kenapa? karena aku ingin mendapatkan ilmu yang bisa aku terapkan untuk blog dalam jangka yang panjang. Blog, untuk beberapa tahun ke depan masih tetap eksis sebagai media yang memberikan pengalaman pribadi yang terpercaya bila dibandingkan dengan informasi di website berita online hanya memuat informasi formalitas saja.

Melalui kelas gratis BRT Network aku bisa mempelajari mengenai seluk beluk blog dan hal-hal yang saling berkaitan. Mulai dari cara mengecek blog yang SEO Friendly seperti apa melalui SEO Meta Inspector, mengetahui parameter SEO On Page di dalam sebuah blog, mengetahui akan fungsi Google Analytic (GA), Google Search Console (GSC) dan juga kode html blog. 

Well, ini belum seberapa lho..masih banyak hal-hal yang belum aku pelajari di kelas yang keren ini, mengharapnya sih ada belajar tentang tata bahasa dalam menulis artikel dan belajar edit Canva seperti kelas BRT sebelumnya, hehe

Sistem belajarnya kelas gratis di BRT Network ini gak main-main lho. Yang tidak serius pasti akan ketinggalan dengan banyaknya ribuan chat yang datang bertubi-tubi, lelah hayati kalau tidak fokus memperhatikan pembahasan yang ada. Meleng dikit, ketinggalan deh..hati-hati jangan sampai di-kick :)

Pendapat tentang Kelas Gratis BRT Network

Kalau ditanya pendapatku tentang Kelas Gratis ini, tentunya ini kelas yang worthed banget bagi aku. Seperti yang sudah aku ceritakan tadi walau namanya kelas gratis, tapi ilmu yang didapatkan itu sangat berguna banget untuk masa depan blog dan cara pandang ku tentang ilmu ngeblog. 

Ngeblog gak hanya soal tulis menulis saja, tapi ada banyak hal yang harus kamu pahami agar blog kamu bisa nyantol di halaman teratas Google, agar blog kamu memiliki trafik yang bagus, lebih SEO friendly sehingga banyak yang menawarkan kerjasama post dengan blogmu, bahkan menjaring pembaca setia.

Mengenai coach yang aku sukai dalam mengajar? hmm..semuanya aku suka koq, karena masing-masing memiliki kelebihan dalam membagikan ilmunya. Yah pasti ada juga plus minusnya. Namanya manusia ya gak luput dari kesalahan juga koq, tapi mereka welcome dalam menerima kritikan dari peserta kelas.

Seperti mba Monica untuk ketegasan dalam membagikan informasi tentang tata tertib di kelas, mba Marita yang selalu terbuka kalau aku bertanya tentang struktur blogspot, Mas Pewe yang juga to the point saat menerangkan parameter SEO On Page, Mas Priyo yang selalu detil dalam menjelaskan tentang GA dan GSC, ehmm..untuk coach yang lain seperti mba Gilang, mba Adriana Dian dan Mas Zen belum banyak aku ketahui karena materinya belum dibagikan.

Suka dan duka saat Belajar di Kelas Gratis BRT Network

Suka dan dukanya belajar di kelas gratis BRT ini untuk sementara ada banyak sukanya dibanding dukanya, karena aku jadi bisa bertemu banyak orang di grup ini. Bisa berdiskusi mengenai blog, bisa mengoprek sendiri kesalahan dalam blog. Dukanya gak boleh japri, kalau japri otomatis dikeluarin, harus fokus dan pandai bagi waktu dengan pekerjaan domestik.

Suka dan duka saat belajar di kelas brt network dengan teman segrup
Illustrated by Mamajooka

Oiya, karena dalam kelas gratis BRT ini ada pembagian kelompok belajar, aku memiliki 6 orang teman yang Alhamdulillah punya visi yang sama dalam ngeblog dan berada di grup F. Oleh karena itu kami harus saling membantu memberikan informasi dalam grup agar bisa meringankan tugas ngeblog yang tampaknya berat untuk dijalankan sendiri.

Ada 2 orang teman segrup yang khusus saya tanyakan mengenai pendapat dan suka duka mereka mengikuti Kelas Gratis di BRT Network ini. Mereka juga merupakan blogger yang telah berpengalaman dalam dunia blogging lho. Siapa saja sih mereka? 

Adinda Tami begitu nama pena seorang blogger yang bernama asli Amrih Priutami ini. Berasal dari kota Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau mulai aktif ngeblog di tahun 2017 dan langsung serius beli domain TLD untuk blognya. Namun karena dirasa kurang maksimal dalam ngeblog, ia pun mengikuti kelas gratis belajar blog dari BRT Network ini.

Pendapatnya mengenai belajar di kelas BRT ini, walau gratis tapi materinya premium. Materinya sangat dibutuhkan oleh semua blogger yang ingin memperbaiki performa blognya. Menurutnya lagi masih banyak ilmu di kelas ini yang harus dipelajarinya dengan fokus. Yes, aku setuju banget sama pendapatnya nih. 

Teman segrup aku lainnya yaitu Thalita Rahma, begitulah nama lengkapnya sesuai dengan nama blognya. Awal mulai ngeblog di tahun 2006 mba Talitha hanya untuk diary curhatan khas saat di bangku SMA, wah sama kayak aku dong hehe. Kemudian di tahun 2016 beliau pun mulai serius di dunia ngeblog dan membeli domain ber-TLD 3 tahun yang lalu.

Pendapatnya mengenai belajar di kelas BRT ini kelasnya memang keren banget. Kemudian sukanya adalah membuat para blogger jadi berani untuk mengotak-atik template html blog. Kalau berhasil mengopreknya kita pun jadi bahagia. Dukanya kita harus rajin bertanya, harus sabar dan rela manjat ribuan chat yang ada agar tidak tertinggal informasi.

Kesimpulan

Banyak hal yang bisa didapat dari kelas gratis BRT Network ini dari para coach yang ahli di bidangnya, mulai dari  mempelajari struktur blog yang SEO friendly, parameter menulis blog secara SEO On Page, juga mengetahui cara menggunakan Google Analytics dan Google Search Console. Suka dukanya juga pastinya aku dan teman-teman rasakan saat di kelas, tapi banyakan sukanya koq hehehe.

Nah, segitu aja dulu ya men-temen mengenai pengalamanku di kelas gratis BRT ini, semoga aku masih tetap bertahan di kelas gratis BRT Network ini dengan fokus menyerap ilmu dan menerapkan pengetahuan ngeblog yang telah diberikan. Tetap semangat!


Yanie aja

Blog tentang Hobi dan Favoritku. Hobi tentang clay, craft, dorama, manga dan lain-lainnya apa saja bisa asal dibahas secara positif.

26 Komentar

  1. Qodratullah aku gak bisa ikutan kelas keren ini.. hiks.. ya mau gimana lagi. Semoga sukses sampai akhir ya kk iid. Semangat...

    BalasHapus
  2. Mbak monic sama pewe emang suhu di seo ya.. banyak ilmu bermanfaat yang mereka share dan membuat kita paham bahwa perlu beberapa parameter buat artikel bisa bagus di mata pencarian Google gak hanya soal keyword doang.

    BalasHapus
  3. Saya belum bisa ikutan kelas ini karena ga memenuhi syarat. Ga punya blog lain. Hehehe...

    BalasHapus
  4. Sedih aku telat info kak Iid, semoga ada kelas berikutnya ya jadi bisa ikutan

    BalasHapus
  5. seru banget kelasnya. moga makin semangat ngeblog dan makin bagus performanya, ya

    BalasHapus
  6. Saya bisa bayangin tuh gimana reaksi dan perasaanya mb yanie ketika lolos aniwe selamat karena udah berhasil upgrade ilmu baru

    BalasHapus
  7. waah..selamat ya mba, bisa ikut kelas keren ini.. terima kasih juga sdh berbagi sebagian materi yg dibahas ya..

    BalasHapus
  8. Beruntung sekali bisa ikutan kelas gratis BRT ini ya, Mbak. Banyak ilmu yang bermanfaat sekali, meskipun setiap hari harus terpacu adrenalinnya ya hihihi

    BalasHapus
  9. Jiper banget kalau di grup BRT tuh..
    Aku sampai gak berani daftar. Padahal kesempatan emas yaa.. Dan kalau mau diterima pun kudu antri. Suka banget dengan tulisan ulasan mengenai belajar di BRT ini.

    Jadi ada kemauan kalau kelasnya dibuka kembali. Menularkan kebaikan selalu..
    Barakallahu fiikum sudah berbagi.

    BalasHapus
  10. enak nih mbaa.. aku belum lolos blas wahaha.. jadilah aku hanya menjadi pembaca dari para peserta kelas gratis BRT kali ini huhuu

    BalasHapus
  11. kayaknya memang oke bangeet nih kalau gabung di sini ya mba.. banyak ilmu baru dan pelajaran penting yang didapat pastinya

    BalasHapus
  12. Keren pokoknya kelas BRT Network ini. Meski kelasnya gratis tapi materinya daging semua. Ilmu yang diterapkan sangat berguna demi pengembangan blog menjadi lebih baik. Bahkan sangat membantu para blogger yang ingin serius bepenghasilan di dunia blogging.

    BalasHapus
  13. wah keren mbak bisa ikutan kelas BRT gratis. Ilmunya kepake banget deh. Aku juga pernah belajar di sana dan terlempar ke pertemuan kedua huhuhu moga bertahan sampai akhir ya mbak

    BalasHapus
  14. Keren banget mba, bisa ikut kelas gratis BRT, makin keren aja nih blognya, sukses selalu ya buat mba Yanie dan BRT Network yang selalu berbagi ilmu blog secara gratis

    BalasHapus
  15. Semoga bisa bertemu mbak Yanie di salah satu kelas menarik BRT Network.
    Pastinya biar blog kita semakin berkualitas

    BalasHapus
  16. Semangat ya Id, kami mendukungmuu,, ntar sharing² dong ilmunya biar lekat kayak inti kelapa dg pulut kuningnya hehe. Tanda khatam pelajaran kan gitu tradisi kita di Medan ya kan Id.

    BalasHapus
  17. Seru banget ya ikut kelasnya mbaa bisa belajar banyak dari sana dan penuh akan ilmu semua, semoga lain waktu bisa ikut kelasnya juga.

    BalasHapus
  18. eheem, hampir sama ya kita Mbak, sejak awal ada kelas gratis ingin ikutan juga, tapi sayanya yang maju mundur.
    tahun ini gak boleh mundur lagi belajarnya, harus semangat karena ngeblog ini bukan hanya sekadar menulis semata tapi juga harus pelajari luar dalamnya dunia ngeblog :D

    BalasHapus
  19. Mbaa, aku jadi tertarik pelajari soal SEO ini. Makasih mba jadi memotivasi buatku belajar lagi soal blog

    BalasHapus
  20. Seru ya bisa ikut kelas BRT event tantangannya juga berat apalagi semakin ke sini. Semoga bisa bertahan sampai kelas selesai.

    BalasHapus
  21. ditunggu ulasan berikutnya tentang ngeblog ya.. saya nggak ada waktu untuk ikutan kelas on line, tapi kalau baca di blog bisa lebih fleksibel waktunya.. semangat yaaa

    BalasHapus
  22. Kelas yang keceh badai ya, kak. Seru juga menantang. Semangat sampai akhir yaaa

    BalasHapus
  23. Ngeri ngeri sedap ya mbak kalau udah utak Atik template. Makanya aku pilih template yg aman aja. Hehehe. Sukses terus mba ngeblognya

    BalasHapus
  24. Pengeen bisa masuk, gimana caranya mbak? Ilmunya kereen dibutuhkan banget buat newbie kayak saya

    BalasHapus
  25. Seru banget mbak, aku blom ikutan kelas lagi, takut ga konsisten ngerjakan PR
    Next time kalau udah siap pengen daftar deh, banyak ilmu juga soalnya

    BalasHapus
  26. Saya juga alumni kelas BRT Mbak. dari awal belum tahu seputar SEO. sampai sekarang Alahmdulillah sudah bisa dikit-dikit paham. Dulu soal heading saja saya tidak paham, termasuk jumlah kata pada judul dan hyperlink. BRT memang keceh...

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama